4 Lokasi Spot Selancar Terpopuler di Indonesia

spot selancar terpopuler di indonesia

Spot Selancar Terpopuler di Indonesia

Selancar mungkin bukan jenis olahraga yang populer di Indonesia. Tapi Indonesia termasuk kawasan yang kaya dengan spot selancar populer di dunia.

Beberapa titik selancar di Indonesia bahkan lebih populer di kalangan pemain selancar profesional dunia daripada di kalangan domestik.

Ini karena Indonesia merupakan Negara kepulauan dengan beberapa pulau berhadapan langsung dengan samudera Hindia.

Sedang samudera Hindia sendiri terkenal dengan ombak besarnya yang sangat sempurna untuk aktivitas selancar. Boleh jadi ini adalah sebuah karunia bagi Negara Indonesia.

Selancar sendiri memang sebuah olahraga yang sangat menarik. Dengan papan selancar, peselancar akan meluncur menyusuri ombak besar yang yang bergerak menuju pantai. Olahraga yang sarat adrenalin ini kemudian menjadi sebuah gaya hidup sejak awal tahun 80an di Amerika. Mereka yang menjadikan selancar sebagai dunia profesional mereka, mengarungi seluruh pantai di dunia untuk menjajal ombak. Salah satu lokasi tersebut adalah Indonesia.

Sebagai Negara dengan kawasan garis pantai yang berhadapan dengan lautan Hindia, Indonesia sebenarnya memiliki ratusan spot selancar yang sangat potensial. Beberapa spot selancar berada tersembunyi di kawasan-kawasan terpencil deretan kepulauan Indonesia. Pada umumnya spot selancar memiliki pantai yang bebas palung, batu karang dan pantai yang landau dengan arus angin yang bebas tanpa halangan bukit dan batuan karang.

Tapi hanya mereka yang memang dengan sengaja berburu ombak saja yang bisa menemukan titik-titik tersembunyi ini. Hanya ada beberapa spot selancar saja yang sudah terekspose dengan cukup baik ke dunia dan kemudian menjadi destinasi besar dari kalangan penggemar selancar. Rata-rata lokasi selancar yang sudah terekspose ini juga sudah terkelola dengan lebih baik dari spot lain. Sehingga proses promosi dan penyediaan fasilitas sudah terintis di lokasi.

Dari banyak spot selancar di Indonesia, berikut adalah yang paling populer di dunia.

  1. Pantai Kuta
    Pantai Kuta terletak di Propinsi Bali, sebuah pulau tropis yang sangat terkenal di dunia. Nama besar pulau Bali yang kaya dengan seni budaya dan panorama alam khasnya membuat tingkat kunjungan wisata di pulau ini sangat tinggi. Pulau ini kebetulan memiliki pantai-pantai yang berhadapan dengan lautan Hindia, salah satunya adalah pantai Kuta. Letak pantai Kuta yang
    dekat dengan Denpasar membuatnya paling populer di kalangan turis selancar, karena kemudahan dalam akses dan juga lengkapnya fasilitas.
  2. Kepulauan Mentawai
    Lokasi kepulauan yang berada di sisi barat dari Propinsi Sumatera Barat, membuatnya juga berhadapan langsung dengan lautan Hindia. Kawasan Mentawai bahkan lebih populer di dunia dbandingkan popularitasnya di mata domestik. Kunjungan wisatawan asing yang mencapai ribuan pertahun kekawasan ini rata-rata berasal dari komunitas selancar dunia. Meski fasilitas di kawasan ini belum sempurna 100%, tapi tidak menghalangi minat turis manca untuk terus bertandang ke kawasan Mentawai.
  3. Pantai Lombok Nusa Tenggara
    Memiliki garis pantai selatan yang sejajar dengan pantai selatan Bali. Hal ini menyebabkan beberapa spot pantai di Nusa Tenggara memiliki ombak sempurna. Salah satu spot populer adalah pantai di kota Lombok, seperti Senggigi, Alang-alang dan Selong Beranak. Selain karena kawasan pantai di Lombok bebas palung dan karang, tapi juga karena lokasinya yang dekat dengan kota besar yang cukup mudah terakses dan memiliki fasilitas lengkap.
  4. Pantai Plengkung
    Pantai ini berlokasi di pulau Jawa. Bila sebagian besar pantai selatan Jawa sarat dengan batuan karang dan palung, maka sangat berbeda dengan pantai Plengkung ini. Justru di pantai yang mendapat julukan G-Land di dunia Internasional ini sangat bersih dan memiliki ombak mencapai 5 meteran yang datang setiap 20 detik. Sangat luar biasa. Konon Spot ini adalah yang terbaik di dunia. Bagi para adventure dunia, lokasi ini sangat luar biasa mengingat lokasinya yang tersembunyi di balik hutan cagar alam Banyuwangi, Jawa Timur.

Bila Anda menaruh minat dengan olahraga selancar, Anda bisa memilih spot-spot selancar ternama ini, setidaknya di lokasi ini Anda bisa mendapatkan ombak-ombak terbaik dunia, dengan fasilitas yang cukup memadai. Apalagi di lokasi ini Anda bisa dengan mudah bertemu dengan para instruktur yang bisa membantu Anda belajar selancar, terutama bagi Anda yang pemula.

(sumber gambar : travelblog.ticktab.com)

Leave a Comment

4 Lokasi Spot Selancar Terpopuler di Indonesia

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close