5 Kuliner di Solo yang Akan Melengkapi Petualangan Rasa Anda

5 kuliner di solo yang akan melengkapi petualangan rasa anda

5 Kuliner di Solo yang Akan Melengkapi Petualangan Rasa Anda

Kota Solo bukan sekedar kota sejarah dan kota budaya. Karena ternyata kuliner di Solo layaknya Bogornya Jawa tengah yang akan memanjakan Anda dengan aneka hidangan tradisional hingga modern dan akulturasi dengan sangat lengkap.

Kalau Anda berkesempatan singgah di kota Solo, ini dia beberapa kuliner di Solo yang wajib Anda sambangi dan perkaya pengalaman rasa Anda di kota Solo.

Kelima kuliner khas ini akan memanjakan lidah anda dan membuat Anda akan betah untuk berlama-lama menikmati keindahan kota Solo dengan ragam kulinernya. 

  1. Nasi Liwet Syahid
    Nasi liwet ini menyerupai nasi ayam khas Semarang atau nasi Gurih khas Jogja. Sejenis nasi uduk atau nasi bumbu santan dengan sayur santan sambal goreng dan opor. Katanya sih nasi liwet di depan hotel Syahid ini paling tua se kota Solo.
  2. Es Krim Tentrem
    Kalau di Jakarta ada es krim Robusa ala Italia, maka di kota Solo ada es krim buatan peranakan dengan rasa ala Belanda. Es krim Tentrem masih mempertahankan gaya tempo doeloe dan rasa khas yang tetap bertahan hingga saat ini. Lokasinya di jalan Urip Sumoharjo, tepat di tengah kota Solo.
  3. Sate Buntel Mbok Galak
    Sate kambing cincang yang di kepalkan pada sebatang tusuk sate, pasti unik. Soalnya pembumbuannya dengan diuleni pada daging. Sekilas sangat mirip kebab, mungkin juga terinsipirasi sajian kebab. Soal rasanya sangat kaya dan aromanya juga sangat menggoda, bahkan menjadi favorit Pak harto semasa hidup. Lokasinya di Jalan Mangku Sarkoro, Solo.
  4. Soto Sawah
    Soto paling populer se Solo dengan rasa dan kesegaran kuahnya yang harum dan irisan daging ayam yang besar-besar. Lokasinya di tengah perbatasan Karanganyar – Solo ini digemari tua muda hingga para pejabat.
  5. Bestik Harjo
    Kalau Beef Steak sih sebagian dari Anda sudah biasa, kalau bistik jawa pastinya beda. Merupakan hasil adaptasi sajian Eropa dengan lidah Jawa. Sajian yang terkesan mewah ini hanya dihadirkan di sebuah warung tenda biru sederhana dekat pasar kembang, tepatnya di Jl Radjiman Solo.

Nah….itu tadi beberapa lokasi wisata kuliner Solo yang populer dan layak menjadi destinasi petualangan rasa Anda di kota ini. Selamat icip-icip ya….

(sumber gambar : dcatqueen.blogspot.com)

Leave a Comment

5 Kuliner di Solo yang Akan Melengkapi Petualangan Rasa Anda

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close