Ayo Berpetualang Rasa Dengan Kuliner Semarang

ayo berpetualang rasa dengan kuliner semarang

Ayo Berpetualang Rasa Dengan Kuliner Semarang

Salah satu yang cukup terkenal dari kota Semarang adalah budaya akulturasi antara budaya jawa lokal dengan budaya tionghoa peranakan.

Hasil akulturasi budaya inipula yang mempengaruhi citarasa dan gaya kuliner Semarang menjadi berbeda dari kebanyakan kuliner khas jawa lain.

Jadi jangan sia-siakan kesempatan kunjungan Anda di ibukota Jawa Tengah ini. Sempatkan diri Anda untuk berpetualang rasa dengan sajian khas kuliner Semarang yang menggoda dan tentu saja unik.

Jangan sekedar hanya belanja bandeng presto untuk oleh-oleh, tetapi juga perkaya pengalaman kuliner Anda di sini. Apa sajakah sajian andalan dari kota Semarang ini?

  1. Lumpia
    Salah satu legenda kuliner dari Semarang adalah lumpia. Tidak afdol bertandang ke kota ini tanpa mencicipi camilan khas yang memang hasil adaptasi sajian ala tonghoa. Dengan isian rebung, ayam, telur dan bawang seledri serta kuah acar yang pedas dan segar. Coba singgah ke gang Lombok untuk mencicipi lumpia dari penjaja paling tua di kota ini.
  2. Nasi Ayam
    Nasi ayam ala Semarang memang sebelas dua belas dengan sajian nasi liwet ala Solo atau nasi gurih ala Yogya. Sajian ini berupa nasi uduk dengan lauk ayam opor dan sambal goreng krecek atau labu. Soal rasa dijamin enak, buktikan saja sendiri di nasi ayam bu Nyoto, Jl MT Haryono.
  3. Tahu Gimbal
    Sekilas sajian ini mirip-mirip dengan tahu guling ala Jawa timur. Apalagi dengan tambahan saus kacang dengan bumbu petis, membuatnya makin mirip saja. Yang khas dari tahu gimbal adalah penambahan gimbal yang sebenarnya adalah sejenis bakwan kering dari udang kecil-kecil. Soal rasa dijamin lezat, soalnya full udang.
  4. Mie Kopyok
    Mie dan lontong muncul di piring yang sama? Hmmm….pastinya super kenyang. Tapi mie kopyok ini tidak sekedar mengenyangkan, soalnya rasanya memang tangguh. Dengan kuah kecap yang memiliki rasa dan aroma bawang putih yang tajam, sajian ini jelas layak menjadi buruan kuliner Anda di Semarang, terutama di pagi hari.
  5. Es Congklik
    Ada lagi yang khas dari Semarang, kali ini yang segar-segar. Es campur ala Semarang dengan citarasa mendekati gaya tionghoa. Yang unik dan menarik karena di sini Adna bisa mencicipi es dengn 10 ragan rasa, mulai dari rasa cokelat hingga rasa durian. Super seger di tengah panasnya udara Semarang.
  6. Lekker Paimo
    Kue lekker aslinya versi Belanda dari crepes ala Perancis. Biasanya sih isiany rasa-rasa manis macam cokelat dan keju. Tetapi disini, Anda bisa mencicipi lekker dengan isian sosis dan tuna. Yang pasti memang lekker…

Jadi kalau Anda bertandang ke kota Semarang jangan lupa lengkapi petualangan rasa Anda dengan ragam kuliner Semarang. Tinggal ikuti daftar di atas kan?

(sumber gambar : liniberita.com)

Leave a Comment

Ayo Berpetualang Rasa Dengan Kuliner Semarang

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close