Berkenalan Dengan Olahraga Udara Paralayang

berkenalan dengan olahraga udara paralayang

Berkenalan Dengan Olahraga Udara Paralayang

Olahraga udara atau aktivitas adventure ekstrim udara belum terlalu populer di Indonesia. Penggemar dari kegiatan ini masih terbatas dan masih berada di lingkup tertentu saja.

Termasuk juga olahraga paralayang. Saat ini saja, club-club yang mewadahi para penggemar dari paralayang di Indonesia masih bisa Anda hitung dengan jari.

Salah satu sebabnya karena tingginya biaya yang harus Anda siapkan bila ingin mencoba olaharaga paralayang ini. Sebenarnya peralatan untuk olahraga paralayang tidak banyak dan rumit, cukup parasut, parasut cadangan, harness dan helm. Tapi total biaya yang Anda perlukan untuk membeli semua peralatan ini bisa mencapai Rp 30 jutaan. Secondnya saja masih pada kisaran 6 -7 jutaan.

Jelas perlu kemapanan ekonomi untuk membelanjakan uang sebanyak itu untuk hobi. Jadi Jangan heran saja kalau penggemar dari olahraga ini kerap identik dengan kalangan ekssekutif atau setidaknya kalangan berduit.

Padahal bagi mereka yang sudah keranjingan paralayang, mengakui kalau paralayang ini mampu membuat orang ketagihan. Apa sebabnya?

Melayang di udara, menuju langit bebas hanya dengan berawal dari langkah kaki, tanpa mesin dan semua bergantung pada parasut yang seolah adalah sayap yang membentang. Memandang pesona alam yang indah di kawasan pegunungan. Lengkap dengan hamparan hijau di daratan, gelombang perbukitan hingga jalan raya yang meliuk bak ular. Sungguh sebuah pengalaman yang luar biasa dan akhirnya membuat orang ingin lagi dan lagi.

Paralayang memang sangat menarik untuk Anda cermati. Pada dasarnya olahraga ini adalah olahraga yang memanfaatkan ilmu aerodinamis dari daya angkat angin. Untuk melakukan paralayang Anda perlu mengawalinya dengan berlari di atas bukit atau gunung menuju ujung tebing. Berlari sembari bergantung pada harness yang terikat dengan parasut yang sudah membentang

Anda akan terbang ketika menyentuh ujung tebing berkat daya angkat angina yang mendorong parasut naik, yakni angin naik yang menabark lereng (dynamic lift) dan angin naik thermal (thermal lift). Begitu Anda mengudara, kendali berada di tangan Anda dan tentu saja tiupan angin. Anda bisa melayang di udara dengan bantuan daya dorong angin tadi hingga Anda turun secara perlahan dan akhirnya mendarat pada tanah lapang di kaki bukit.

Sungguh olahraga yang luar biasa. Karena apapun aktivitas yang berkaitan dengan mereguk pesona alam memang selalu menarik. Meski olahraga ini pada sisi lain juga sangat menguras adrenalin dan juga

berbahaya tentunya. Paralayang merupakan salah satu olahraga dengan resiko yang sangat tinggi. Hingga kini tingkat cidera dari olahraga ini cukup tinggi. Tidak mudah mengontrol arah parasut, sehingga salah pendaratan sudah lazim terjadi.

Meski belum populer dan berbahaya, tapi saat ini beberapa lokasi di Indonesia sudah menjadi kawasan tetap bagi penggiat paralayang. Beberapa daerah seperti di Puncak, Malang dan Bali selalu menjadi ajang terbang dari para penggemar paralayang dari penjuru Indonesia.

Uniknya mereka yang masih pemula atau bahkan sangat awam sekalipun juga ikut memadati lokasi tebng ketika jadwal kegiatan paralayang berlangsung. Ini karena paralayang juga menyediakan sistem tandem, dengan dua harness dan big parasut. Dengan cara ini Anda yang amatir bisa ikut menjajal terbang dengan seorang profesional sebagai pendamping.

Setidaknya Anda bisa mencoba dulu keasyikan dari terbang paralayang, baru mencoba belajar. Karena biasanya di lokasi-lokasi penerbangan paralayang juga tersedia jadwal belajar terbang paralayang bagi pemula yang berada di bawah pengelolaan para profesional paralayang.

Untuk jelasnya Anda bisa coba bertandang di kawasan perbukitan Puncak, kawasan batu Malang, daerah Kedong Sono Jawa Tengah, Lereng Merapi DIY atau daerah Nusa Dua Bali. Di sini Anda bisa sekedar melihat-lihat dulu, mencoba tandem atau mencoba cari informasi pelatihan paralayang.

(sumber gambar : antarasumbar.com)

Leave a Comment

Berkenalan Dengan Olahraga Udara Paralayang

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close