Danau Toba Destinasi Menawan di Kawasan Sumatera Utara

danau toba destinasi menawan di kawasan sumatera utara

Danau Toba Destinasi Menawan di Kawasan Sumatera Utara

Salah satu destinasi terbaik yang ada di kawasan Sumatera Utara adalah kawasan danau Toba. Jika Anda berada disini, Anda akan terbius dengan pesona keindahan danau Toba.

Danau yang dinobatkan sebagai danau tebesar se-Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia ini merupakan salah satu brand terbaik dari kawasan negeri Batak.

Danau Toba sendiri membentang seluas 1.145 km2 dengan sebuah pulau besar seluas pulau Singapura bernama pulau Samosir pada bagian tengah danau.

Danau ini merupakan salah satu pesona alam terbaik di Nusantara karena berada di kawasan perbukitan dataran tinggi kawasan Sumatera Utara, diapait beberapa pegunungan dan gunung-gunung besar macam Sinabung dan Sidayak.

Konon danau Toba berasal dari sebuah gunung berapi raksasa pada masa purba yang meletus pada kisaran 47000 tahun lampau. Letusan gunung berapi raksasa ini sangat dahsayt hingga semburannya mencapai 3000 mil dari kawasan Toba, mencapai kawasan India, Cina, Eropa hingga Kutub Utara. Sisa dari letusan itu adalah sebentuk ceruk raksasa yang kemudian beralih menjadi sebuah danau yang luar biasa besar dan dalam.

Sisa aktivitas vulkanis hingga kini masih bisa tampak dari keberadaan kawasan belerang dan pemandian air panas di pulau Samosir. Beberapa ahli vulkanis berkeyakinan bahwa pulau Samosir sendiri adalah sebuah hasil dari sisa aktivitas berapi yang menyebabkan munculnya daratan baru di tengah danau. Dengan kata lain sebenarnya samosir adalah gunung kecil sisa dari gunung Toba purba.

Menikmati danau Toba adalah sebuah pesona yang tidak ada habisnya. Anda bisa memuaskan diri Anda dari beragam sudut, mulai dari semenanjung Parapat yang terkenal sebagai salah satu pusat kesenian batak, kawasan Brastagi yang merupakan dataran tinggi di kaki gunung Sinabung yang juga terkenal dengan air terjun Sipiso piso, hingga Balige ibukota kawasan Toba yang memiliki pantai danau paling indah.

Anda juga bisa menikmati panorama luar biasa dari danau toba dari pulau Samosir. Pulau ini adala destinasi utama kawasan Toba, karena di sini terdapat banyak kawasan wisata lain seperti hutan alam, danau Sidihoni dan Aek Natonang, juga beberapa air terjun yang langsung berhubungan dengan danau Toba. Sangat mempesona dan memberikan kedamaian.

Bila Anda tertarik untuk menikmati masa liburan Anda di kawasan yang mendunia ini, Anda bisa menempuh jalur udara menuju Medan dan melakukan perjalanan darat dengan bis, kendaraan sewa atau travel menuju kota-kota di pinggir danau seperti Brastagi, Balige atau Parapat. Namun ada pula jalur udara khusus dengan pesawat perintis menuju Balige.

Lokasi kota-kota di sekitar danau juga memiliki banyak penginapan dari beragam kelas. Anda bisa memilih kelas cottage mewah hingga hotel melati yang sederhana dan nyaman. Kawasan danau Toba sudah biasa menjadi kawasan wisata sehingga mereka memiliki pelayanan prima terhadap turis.

Bahkan berlibur di kawasan ini juga tidak memakan biaya besar, cukup sekitar 3-4 juta termasuk transportasi penginapan, konsumsi dan lain-lain. Anda akan terbius sepenuhnya oleh menawannya kawasan wisata danau toba yang mendunia ini.

(sumber gambar : palingindonesia.com)

Leave a Comment

Danau Toba Destinasi Menawan di Kawasan Sumatera Utara

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close