Empal Gentong Kuliner Cirebon yang Maknyuss

empal gentong kuliner cirebon yang maknyuss

Empal Gentong Kuliner Cirebon yang Maknyuss

Salah satu ciri khas kuliner Cirebon yaitu perpaduan antara dua tradisi kuliner, gaya kuliner dari Jawa dan dari Sunda. Salah satu kuliner Cirebon yang sangat mewakili kedua tradisi kuliner ini adalah empal gentong.

Sajian segar dengan kuah kaldu daging dan potongan daging sapi, pastinya sangat legit dan menggoda.

Nama empal berasal dari bahasa Jawa yang artinya masakan daging yang diungkep dengan aneka bumbu. Rasa yang menonjol jelas manis legit ala selera Jawa.

Tetapi empal di sini memang berbeda. Karena sajian ini justru lebih dekat dengan soto dengan kuah santan yang ringan dan kecoklatan karena kaldu yang kuat.

Yang unik sajian ini harus Anda masak dengan sebuah kuali yang dalam bahasa lokal disebut gentong yang dimasak dengan bakaran kayu mangga. Konon rasanya jadi kurang nendang kalau memasak menggunakan panci alumunium dan gas. Hingga kini para penjaja asli di kota Cirebon masih bertahan dengan cara lama demi mempertahankan rasa asli sajian empal gentong.

Empal gentong disajikan dengan beragam jeroan rebus mulai dari babat, usus, ati, paru dan masih banyak lagi dengan taburan kucai cincang yang biasa digunakan dalam masakan khas Sunda. Banyaknya daging dalam sajian dan sajian yang hampir tanpa sayuran yang membuatnya berbeda dari soto pada umumnya Anda kenal.

Untuk Anda yang tergiur dengan sajian khas kuliner Cirebon ini, Cobalah untuk singgah di salah satu penjual empal gentong legendaris yang berada di Jalan Slamet Riyadi no 1 Krucuk Cirebon. Warung ini buka pada pukul 06.30 – 22.00. Namanya kiosnya empal gentong Mang Dharma.

Empal gentong Mang Dharma ini sudah berdiri selama 4 generasi sejak tahun 1969. Saat ini pengelolaan berada di generasi ke empat Mang Hari. Bisa Anda bayangkan dengan berdiri sejak 4 generasi, sudah pasti soal rasa maestro. Bahkan menjadi guru bagi penjaja empal gentong lain.

Jadi, kalau Anda bertandang ke kota Cirebon dan ingin berpetualang rasa dengan berwisata kuliner Cirebon, jangan ragu untuk icip-icip sajian empal gentong ini. Dijamin puas dan nagih…

(sumber gambar : sayangi.com)

Leave a Comment

Empal Gentong Kuliner Cirebon yang Maknyuss

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close