Gudeg Yu Djum Legenda Kuliner Jogja

gudeg yu djum legenda kuliner jogja

Gudeg Yu Djum Legenda Kuline Jogja

Kalau bicara kuliner di Jogja rasanya tidak mungkin lepas dari yang namanya gudeg, sampai-sampai kota ini dikenal pula dengan nama kota gudeg. Gudeg tak ubahnya identitas bagi kota ini dan menjadi menu wajib bagi Anda yang bertandang ke kota ini.

Nah, bicara soal gudeg, di kota Jogja ini ada penjual gudeg yang sangat legendaris malah sudah ada sejak puluhan tahun lampau.

Namanya gudeg Yu Djum dulu lokasi utamanya di kawasan Wijilan yang memang sudah menjadi sentra penjualan gudeg di Jogja. Namun kini di kediaman yu Djum sendiri tepatnya di Pogung Jalan Kaliurang juga berdiri warung kecil yang tidak kalah ramai dan selalu penuh antrian.

Dulu di lokasi Jalan Kaliurang ini katanya sih berfungsi sebagai dapur utama hidangan gudeg di jalan Wijilan, tetapi kini di masing-masing cabang terdapat warung makan sendiri-sendiri. Asyiknya di cabang Kaliurang Anda bisa melihat langsung dapur dari gudeg legendaris ini dan melihat sendiri bagaimana proses masak gudeg Yu Djum yang ternyata sepenuhnya masih diolah dengan cara tradisional, lengkap dengan tungku kayu bakar.

Bagaimana dengan cita rasa gudeg Yu Djum ini? Dimana-mana yang namanya gudeg sudah pasti manis dan legit. Bagi mereka yang asing dengan hidangan manis mungkin sedikit aneh. Tetapi terbukti sangat banyak pula penggemar gudeg yu Djum ini hingga kedainya tak pernah sepi pengunjung.

Biasanya satu porsi gudeg Yu Djum terdiri dari nasi lengkap dengan sejumput gudeg yang bersiram areh atau kuah santan kental, ayam dan telur. Adapula pilihan lain seperti tahu dan tempe. Untuk sentuhan akhir adalah tambahan sambal goreng krecek yang pedas. Krecek adalah sejenis krupuk dari kulit sapi yang juga biasa Anda kenal dengan nama Jange dalam bahasa Melayu. Satu porsi hidangan gudeg lengkap ini, dihargai 20 ribuan. Harga ini sudah termasuk segelas teh manis hangat atau es teh.

Kalau Anda ingin menjadikan gudeg Yu Djum ini sebagai oleh-oleh mengingat gudeg ini juga memiliki banyak penggemar di luar Jogja, Anda bisa membeli paket kendil atau paket besek. Harganya mulai dari 40 ribuan. Gudeg Yu Djum termasuk dalam kategori gudeg kering tanpa kuah, jadi lebih awet untuk perjalanan luar kota. Itu sebabnya gudeg Yu Djum menjadi legenda, karena kebanyakan oleh-oleh gudeg yang datang dari kota Jogja berasal dari gudeg Yu Djum.

(sumber gambar : traveljunkieindonesia.com)

Leave a Comment

Gudeg Yu Djum Legenda Kuliner Jogja

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close