Hutan Lindung di Indonesia, Kawasan Sungai Wain Balikpapan

hutan lindung di indonesia kawasan sungai wain balikpapan

Hutan Lindung di Indonesia, Kawasan Sungai Wain Balikpapan

Bila kota Bogor memiliki kawasan kebun raya Bogor tak jauh dari istana Bogor, Anda yang berdiam di kawasan Balikpapan juga beruntung memiliki kawasan hutan lindung kota di kawasan Sungai Wain.

Kawasan kebun raya ini menjadi hutan lindung di Indonesia yang cukup menarik untuk menjadi tujuan wisata ekologi di kawasan Kalimantan.

Kawasan hutan di sungai Wain ini berada tak jauh dari kawasan pusat kota Balikpapan, tepatnya sekitar 20 m barat laut dari kota Balikpapan. Meski tak jauh dari kota, ternyata kawasan kebun raya ini sudah memiliki bagian hutan primer dengan pohon-pohon tertua di kawasan tersebut. Beberapa sudah berusia di kisaran ratusan tahun.

Tujuan utama dari hutan seluas 191 Ha ini adalah sebagai pusat konservasi utama vegetasi khas dari tanah Kalimantan. Konon kawasan ini menjadi hutan lindung di Indonesia dengan vegetasi terlengkap. Salah satu yang khas adalah jenis vegetasi tanaman kayu keras yang juga menjadi komoditas ekspor.

Kawasan ini juga menjadi pusat konservasi tanaman buah khas dari Kalimantan dan beberapa tanaman hasil rekayasa genetika khusus. Tujuannya adalah menyimpan specimen dari beberapa biota khas Kalimantan untuk dapat menjaga kelestarian dan keberlangsungan.

Harapannya dengan adanya konservasi specimen di tempat ini, ke depannya beberapa jenis tanaman khas Kalimantan dapat tetap terjaga kemurniannya, mengingat ke depannya akna terus diadakan pengembangan dari genetika yang bisa jadi akan menyingkirkan jenis biota murni.

Selain sebagai konservasi tanaman, lokasi ini juga sebagai lokasi konservasi beberapa hewan langka seperti Macan Dahan, Orang Utan, Beruang Madu dan Bekantan. Selai itu kawasan ini juga menjadi tempat hidup dari 242 jenis burung, musang khas Kalimantan dan berang-berang.

Kawasan ini saat ini sedang dalam pengembangan menjadi taman wisata bagi masyarakat Balikpapan. Sementara ini kawasan ini sudah menjadi lokasi wisata ekologi dengan menyediakan ruang tracking menara pengintai dan perahu yang akan melintasi kawasan sungai yang dipenuhi oleh hutan bakau di kedua sisinya.

Bagi Anda yang berkeinginan berpetualang dalam wisata ekologi dengan konsep kebun raya yang lebih natural dan virgin, Anda bisa bertandang ke kawasan hutan lindung di Indonesia yang masih tergolong muda ini, karena baru diresmikan pada tahun 2005 lalu. Hutan Lindung Sungai Wain Balikpapan.

(sumber gambar : kotabalikpapan.net)

Leave a Comment

Hutan Lindung di Indonesia, Kawasan Sungai Wain Balikpapan

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close