Ini Dia 8 Kuliner Palembang yang Wajib Anda Cicipi

ini dia 8 kuliner palembang yang wajib anda cicipi

Ini Dia 8 Kuliner Palembang yang Wajib Anda Cicipi

Kota Palembang selama ini terkenal dengan pesona jembatan amperanya yang berdiri kokoh di atas sungai Musi, sungai terpanjang di Sumatera.

Tetapi kota ini juga memilk pesona lain yang layak menjadi referensi Anda kala berkunjung, yakni kuliner Palembang.

Di kota ini tersedia beragam sajian khas yang cukup memikat dan akan menggoda lidah Anda dengan lihainya. Apa saja kuliner Palembang yang perlu Anda cicipi?

  1. Pempek
    Anda memang bisa menjumpai sajian ini di kota lain, tetapi kurang afdol rasanya bertandang ke kota Palembang tanpa mencicipi pempek asli kota ini. Dijamin rasa dan kualitas lebih baik, karena selai dimasak oleh pakarnya juga karena pempek asli Palembang menggunakan bahan ikan tenggiri segar yang tidak amis dan terasa manis.
  2. Brengkes Tempoyak
    Sekilas sajian ini mirip dengan pepes, bumbunya pun serupa. Yang membedakannya hanyalah tambahan bumbu tempoyak, yakni hasil fermentasi durian khas dari Melayu. Soal rasa sudah pasti berbeda, berkat efek rasa tempoyak yang asam-asam gurih.
  3. Burgo
    Sajian berupa lontong dari tepung beras dengan kuah santan yang mengandung cincangan ikan gabus. Rasanya jelas gurih-gurih segar, karena menggunakan ikan gabus segar sebagai bahan baku.
  4. Tekwan
    Sejenis sajian dari sagu dan ikan mirip pempek, hanya saja disajikan dengan kuah kaldu ikan dengan irisan bengkoang, taoge dan jamur kuping dan sedap malam. Rasanya sengat segar dan sangat mengingatkan Anda dengan bakso sapi.
  5. Celimpungan
    Sajian dari bahan menyerupai pempek, hanya saja disajikan bersama kuah santan bumbu kuning dengan cincangan ikan dan sambal goreng.
  6. Mie Celor
    Sejenis sajian mie kuah dengan mie mirip spaghetti dan kuah yang kental dengan santan dan aneka bumbu yang khas. Biasanya sajian ini penuh dengan irisan ikan dan udang.
  7. Martabak Musi
    Yang khas dari martabak dari bantar sungai musi adalah konsep penyajiannya yang menggunakan kuah kentang kental dan sambal kecap cabe ijo. Rasanya jelas maknyuss dengan tampilan yang sangat menggoda.
  8. Model
    Satu lagi sajian khas dari kawasan Palembang yang lagi-lagi berbahan baku adonan pempek. Yang membedakannya adalah bentuk adonan dan rasa kuah segarnya, tidak tergantikan.

Itu tadi 8 pilihan memikat dalam daftar kuliner Palembang yang harus Anda perhatikan. Bagaimana dengan Anda? Jangan ragu berbagi sajian favorit Anda di sini.

(sumber gambar : burpple.com)

Leave a Comment

Ini Dia 8 Kuliner Palembang yang Wajib Anda Cicipi

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close