Kisah Panjang Sejarah Borobudur yang Samar

kisah panjang sejarah borobudur yang samar

Kisah Panjang Sejarah Borobudur yang Samar

Candi Borobudur adalah salah satu kebanggaan Indonesia. Sebuah candi dengan ukuran raksasa ini mejadi salah satu simbol wisata di Indonesia terutama di kawasan Yogya dan Jawa Tengah.

Dengan kemegahannya yang menawan, tidak banyak yang benar-benar tau bagaimana kisah sejarah Borobudur ini sebenarnya.

Ada banyak versi dari candi ini dalam sejarah. Terutama berkaitan dengan kapan dan siapa yang membangun candi besar ini. Karena sejarah pasti hanya mencatat penemuan candi ini yang terkubur dalam sebuah bukit dan semak rumput pada tahun 1814M pada masa penjajahan Inggris di bawah pemerintaha Sir Thomas Stanford Raffles.

Keseluruhan candi baru muncul secara utuh setelah proses perbaikan dan penggalian selama sekitar 20 tahun. Dan diresmikan oleh pimpinan Inggris pada masa itu, Hartman. Namun restorasi dari bangunan sejarah ini tersu berlangsung hingga kependudukan kembali Belanda di kawasan Jawa pada masa awal tahun 1900an dan terus berlanjut hingga masa pemerintahan Indonesia.Malah sejak tahun 1991 Borobudur menjadi salah satu warisan dunia menurut UNESCO.

Dari sisi sejarah Borobudur, ada beberapa versi yang membuat sejarah pembangunanannya simpang siur. Tidak adanya fakta tertulis yang berkaitan dengan bangunan ini menjadi salah satu sebabnya. Namun secara umum candi ini dianggap berasal dari masa abad 8M, di masa keemasan Dinasti Syailendra yang berpusat di kawasan Kedu.

Anggapan ini hanya berdasar tulisan singkat pada salah satu struktur yang mirip dengan tulisan prasatsi dari abad ke 8M bertanda Dinasti Syailendra. Namun di sisi lain, ada beberapa kerancuan karena usia bebatuan yang dianggap lebih tua dari usia dinasti Syailendra. Dan penemuan batuan yang sama di kawsan ratu Boko, yang memilik usia lebih tua dari Borobudur.

Malah ada pula versi–versi lain yang sebenarnya juga belum bisa terbukti. Seperti anggapan kalau sebenarnya bangunan candi ini berasal dari masa kerajaan Atlantis yang merupakan bagian dari sejarah dunia yang masih belum terbukti kebenarannya.

Namun dari sisi penamaan banyak ahli berkeyakinan kalau nama Borobudur berasal dari bahasa sansekerta yakni kata biara dan beduhur yang berate tempat tinggi. Dapat Anda lihat kalau lokasi candi ini berada di atas bukit yang sangat indah.

Lokasinya berada di antara gunung Sumbing dan Sindoro, di atas kawasan dataran tinggi Magelang dengan bentuk menyerupai punden berundak seperti gunung dengan ketinggian sekitar 30 m. Pada sisi puncaknya terdapat beberapa stupa dengan sosok Budha Gautama di dalamnya. Ini memberi kesan sang budha yang berada di tempat yang tinggi atau Beduhur.

Itulah sekilas pandang mengenai sejarah Borobudur yang menjadikannya sebagai salah satu figure bangunan legendaris di dunia. Menjadi salah satu keajaiban dunia dan salah satu pesona abadi dunia pariwisata Indonesia.

(sumber gambar : borobudurpark.com)

Leave a Comment

Kisah Panjang Sejarah Borobudur yang Samar

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close