Masjid Agung Semarang Simbol Kemegahan Islam di Jawa Tengah

masjid agung semarang simbol kemegahan islam di jawa tengah

Masjid Agung Semarang Simbol Kemegahan Islam di Jawa Tengah

Kota Semarang memiliki banyak destinasi wisata religi mulai dari gereja bleduk, klenteng Sam Po Koong dan Vihara Agung Watu Gong. Wisata religi di kota Semarang ini semakn lengkap dengan adanya masjid agung Semarang yang megah dan menawan.

Berlokasi di jalan Gajah, pusat kota Semarang menjadikannya sangat cocok sebagai pusat mimbar aktivitas kemusliman di kawasan Jawa Tengah.

Dibangun sejak tahun 2001 dan diresmikan oleh presiden Indonesia kala itu, Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006.

Masjid ini berdiri di salah satu tanah wakaf seluas 10 Ha milik masjid agung Kauman Semarang yang memiliki lahan wakaf seluas 119 Ha yang tidak terpakai selama bertahun-tahun. Pemerintah daerah kala itu berkeinginan memanfaatkan tanah-tanah wakaf ini menjadi lebih produktif dan bermanfaat bagi umat, salah satunya masjid agung Semarang ini.

Masjid ini dibangun dengan desain yang mewah, menggunakan perpaduan gaya arsitek bangunan limas Jawa yang muncul pada gaya bangunan utamanya dengan gaya romawi dan mediterania yang berpadu pada pilar-pilar dan 4 menara pada 4 penjuru mata angin pada bangunan utama.

Untuk melengkapi bangunan ini di pelataran depan terdapat sebuah teras luas untuk aktivitas sholat massal seperti jumatan dan sholat Ied. Di atas teras terdapat 6 payung raksasa yang bisa mengembang dengan cara hidrolik, sebuah adaptasi dari model yang sama di masjid Nabawi Madinah.

Di sisi barat laut dari bangunan masjid terdapat menara setinggi 99meter dengan nama menara Asmaul Husna. Menara ini menjadi salah satu titik daya tarik wisata dari keseluruhan kawasan. Di sini terdapat café yang bisa berputar 360o, museum sejarah islam, terdapat pula gardu pandang.

Di gardu pandang inilah Anda bisa melihat ke seluruh penjuru Semarang dengan alat pengintai yang bisa Anda gunakan dengan memasukan koin 500an. Di gardu pandang ini pula biasanya MUI mengadakan penglihatan hilal pada masa menjelang Ramadhan dan Lebaran.

Masjid agung Semarang ini juga dilengkapi koleksi Al Quran raksasa dan Bedug Raksasa yang membuatnya semakin layak menjadi destinasi wisata religi Anda. Lokasinya hanya sekitar 20 menit dari Simpang lima dengan motor. Jadi Anda tidak akan kesulitan untuk singgah sesaat di lokasi ini. Atau kalau Anda tertarik,Anda bisa bermalam di lokasi masjid yang memang menyediakan tempat penginapan yang nyaman untuk pengunjungnya.

(sumber gambar : beautifulmosque.com)

Leave a Comment

Masjid Agung Semarang Simbol Kemegahan Islam di Jawa Tengah

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close