Masjid Agung Surabaya Masjid Terbesar di Jawa Timur

masjid agung surabaya masjid terbesar di jawa timur

Masjid Agung Surabaya Masjid Terbesar di Jawa Timur

Bila Jakarta mengenal masjid Istiqlal dan Semarang mengenal masjid Agung Semarang, maka Surabaya juga memiliki masjid Al Akbar yang juga dikenal dengan nama Masjid Agung Surabaya.

Masjid Agung Surabaya adalah masjid terbesar kedua di Indonesia dengan bangunan yang sangat unik dan memikat.

Bagaimana tidak, bangunan ini memiliki desain unik perpaduan antara gaya limasan Jawa dengan gaya mediterania modern. Menggabungkan limas dengan kubah masjid berbentuk semi bulat telur dalam warna biru segar.

Masjid agung ini juga memiliki sebuah menara setinggi 99 meter dengan gardu pandang di ketinggian 68 meter. Secara kasat mata bangunan ini tampak menawan dan mencolok kaena bentuk dan warnanya.

Secara keseluruhan bangunan ini didesain dengan gaya asimilasi antara tradisi bangunan jawa, mediteran dan modern. Semua berpadu baik dari sisi eksterior maupun interior bangunan. Kaligrafi unik yang memadukan huruf arab dengan ragam corak ala Madura dan Jawa Timur lain menghiasi seluruh ruangan dalam dan luar bangunan.

Sentuhan ragam corak Madura muncul mencolok pada mimbar masjid dengan ketinggian 3 meter dan pada rangkaian kaca patri yang menghiasi sisi samping bangunan utama. Masjid ini juga memiliki list yang penuh dengn rakaian kaligrafi di seluruh ruang dalam masjid hasil karya seorang maestro kaligrafi Indonesia, Fais Bangil. Bangunan ini memang banya melibatkan para pengrajin ukiran dari kawasan Madura dan pengrajin kayu dari Surabaya.

Bangunan ini dibangun pada tahun 1995, namun mengalami pemberhentian pembangunan pada tahun 1999 karena krisis moneter. Bangunan masjid baru bisa diresmikan pada tahun 2001 pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Nur Wahid. Pembangunan berada di bawah pengelolaan Fakultas Teknik Sipil dan Arsitektur ITS.

Seperti tadi saya katakan, masjid agung Surabaya ini sangat memikat dan mudah Anda temukan karena bentuknya yang mencolok dan ukuranya yang besar. Apalagi masjid ini berada di jalur Porong – Surabaya, tepatnya di jalan Gayung Kebonsari, Surabaya. Dari terminal Joyoboyo Anda hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk mencapainya dengan angkutan umum.

(sumber gambar ; masjidalakbar.com)

Leave a Comment

Masjid Agung Surabaya Masjid Terbesar di Jawa Timur

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close