Melepas Penat di Kesejukan Kota Wisata Batu

melepas penat di kesejukan kota wisata batu

Melepas Penat Di Kesejukan Kota Wisata Batu

Sejak jaman dulu kala, kota wisata Batu sudah menjadi lokasi peristirahatan. Bahkan pada masa kerajaan Singosari di Jawa Timur, salah seorang rajanya memerintahkan pembangunan kawasan peristirahatan keluarga kerajaan di kota Batu, lengkap dengam pemandian dan candi.

Cerita ini masih berlanjut pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Para pejabat Belanda, mendirikan banyak villa, rumah peristirahatan dan juga beberapa lokasi wisata local di kawasan ini. Pada masa itu masyarakat Belanda menjuluki kota wisata Batu dengan nama “little Switzerland”.

Lokasi Batu masih terus menjadi tempat peristirahatan hingga masa pemerintahan Soekarno dan terus berlanjut hingga sekarang. Bahkan kawasan wisata Batu semakin berkembang seiring dengan modernitas dan peningkatan kunjungan ke kawasan ini.

Lokasi yang hanya berjarak 15 km dari kota Malang ini memang memiliki aset wisata bernilai. Ketinggian kontur tanah pada 800 mdpl dan terapit oleh 5 gunung yakni, gunung Arjuna, gunung Anjasmoro, gunung Kawi, gunung Welirang dan gunung Panderman membuat udara di tempat ini sangat sejuk dan segar. Cocok sekali untuk melepas penat dan stress dari kesibukan sehari-hari.

Kini lokasi wisata Batu bukan lagi sekedar tempat peristirahatan bagi kalangan kerajaan atau petinggi pemerintah. Kota ini sudah tumbuh menjadi kota wisata lengkap dengan deretan villa dan hotel dari skala losmen hingga bintang 5. Deretan spot kuliner khas juga melengkapi keasyikan mereguk sejuknya kota wisata Batu.

Ini karena pembangunan yang terus pemerintah lakukan kota wisata batu sudah menjadi lokasi wisata dengan paket lengkap sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.Anda bisa menemukan kawasan agrowisata, kawasan eduwisata, lokasi rekreasi dan permainan, wisata alam dan juga adventure serta aktivitas wisata ekstrim. Tidak semudah itu menemukan sebuah lokasi wisata dengan beragam fasilitas dan wahana selengkap ini.

Bagi Anda yang bermaksud menghabiskan liburan di kota wisata Batu, berikut ini adalah referensi beberapa spot wisata yang bisa Anda kunjungi sesuai dengan selera dan minat Anda.

  1. Lokasi Wisata Agro
    Salah satu yang khas dari wisata Agro adalah perkebunan buahnya yang tersohor. Kusuma Agrowisata adalah pioneer dalam aktivitas petik sendiri buah apel, strawberry dan meragam buah lain. Cukup dengan membayar Rp 20 ribu saja dan Anda bisa puas-puas memetik dan menikmati buah-buahan langsung dari pohonnya.
  2. Pemandian Umum
    Ada dua lokasi pemandian yang ternama di sisi utara kawasan wisata Batu, Selecta dan Cangar. Selecta adalah taman rekreasi peninggalan Belanda dengan taman bunga gaya Eropa, taman bermain anak dan pemandian umum. Tapi bagi Anda yang tertarik dengan pemandian air panas belerang, Anda bisa menikmatinya di pemandian Cangar yang bersumber dari gunung Welirang.
  3. Kawasan Sejarah
    Pada sisi barat kota Batu, berdiri cagar budaya Songgoriti yang merupakan peninggalan kerajaan Singosari, disini juga terdapat kolam air panas asli pembangunan masa Singosari. Pada sisi utara Anda juga bisa menikmati kota tua Batu dengan deretan bangunan-bangunan ala Eropa kuno peninggalan Belanda.
  4. Lokasi Wisata Alam
    Salah satu pesona dari kawasan wisata Batu adalah pesona alamnya yang luar biasa. Udara sejuk dan panorama pegunungan yang asri sungguh menjadi penawar segala penat. Tapi bagi Anda yang menggemari wisata alam liar, terdapat beberapa lokasi wisata air terjun seperti Coban Rondo dekat Songgoriti, Coban Talun dan Coban Rais pada pada lereng pegunungan dan beberapa Goa seperti Goa Cangar dan Goa Tlekung. Untuk mencapai lokasi Anda perlu sedikit menempuh perjalanan pendakian, karena lokasi tidak bisa terjangkau kendaraan.
  5. Lokasi Wisata Edukasi
    Beberapa waktu ini, pemerintah lokal mendirikan Jatim Park, yang merupakan kawsan terintegrasi dalam kawasan wisata Batu yang menjadi semacam wahana wisata modern bagi kawasan ini. Terdapat puluhan wahana permainan, outbond, waterpark dan museum Secret Zoo yang menyimpan awetan segala hewan punah dan belum punah termasuk beragam kerangka asli binatang.
  6. Lokasi Wisata Rekreasi
    Kegiatan berwisata yang tidak kalah menarik dari kota Batu adalah wahana permainan di tengah kota batu. Batu Night Spectaculer, sebuah lokasi wisata berkonsep pasar malam modern lengkap dengan beragam permainan layaknya Dunia fantasi di Jakarta.

Bagaimana? Sangat lengkap kan aktivitas wisata di kota wisata Batu? Anda tidak akan menyesal menghabiskan liburan Anda di kota ini bersama keluarga. Selamat berlibur…

(sumber gambar : infobatumalang.blogspot.com)

Leave a Comment

Melepas Penat di Kesejukan Kota Wisata Batu

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close