Mengarungi Arus Liar Sungai Elo Magelang

mengarungi arus liar sungai elo magelang

Mengarungi Arus Liar Sungai Elo Magelang

Tidak banyak yang tau kalau sebenarnya terdapat arus liar yang cocok menjadi lokasi arung jeram di kawasan Jogja – Magelang. Apalagi ternyata lokasinya cukup strategis dan mudah Anda tempuh meski dengan kendaraan umum.

Olah raga arung jeram memang bukan aktivitas wisata lama di kawasan Jogja dan sekitarnya. Tapi, belakangan ini muncul trend baru di kalangan masyarakat.

Konsep kembali ke alam, aktivitas wisata outdoor justru semakin marak, apalagi banyak penyelenggara berasal dari pelaku olahraga ekstrim yang siap memberi jaminan keselamatan berstandar sehingga memberi rasa aman bagi pemula. Dan salah satu aktivitas outdoor yang juga ikut terbawa trend adalah arung jeram atau rafting ini.

Kawasan Jogja dan sekitarnya jelas tidak luput dari trend. Lokasi yang terapit oleh beberapa perbukitan, gunung dan dataran tinggi, memungkinkan akses menuju sungai dengan arus liar. Salah satunya adalah arus liar hulu Sungai Elo di Magelang. Arus liar Sungai Elo memang belum sepopuler arus liar di Citarik yang legendaris. Tapi soal tantangan, sungai ini tidak kalah menariknya.

Tingkat kesulitan dari arus liar hulu Sungai Elo masuk dalam grade II dan III. Jadi tergolong cukup menantang, tapi cukup aman bagi pemula. Beberapa spot juga memiliki jeram yang cukup berat, tapi biasanya tidak menjadi jalur peserta pemula.

Beberapa rintangan seperti batuan besar dan arus deras seperti air terjun kecil juga bisa Anda temukan pada arus liar Sungai Elo. Tapi pada sisi lain hulu Sungai Elo juga seolah terkondisi untuk pemula, karena beberapa jeram seakan dijeda dengan arus tenang dan Anda bisa mengistirahatkan adrenalin Anda pada sisi tenang arus sungai ini.

Sambil beristirahat, Anda bisa menyesapi panorama alam pegunungan di kawasan kaki gunung Merapi dan gunung Slamet ini. Anda akan menemukan suasana yang luar biasa mempesona. Meski tidak jauh dari jalur jalan raya besar, Anda tetap bisa menemukan kehidupan alam liar lengkap dengan beragam fauna unik semacam bulus dan biawak.

Bila Anda kira lokasi dari hulu Sungai Elo di pedalaman lereng gunung, Anda akan terkejut karena ternyata lokasinya cukup dekat dari jalur utama Jogja – Magelang. Sebelum kota Magelang, setelah Muntilan Anda akan menemukan jembatan Blondo. Bila Anda menggunakan angkutan umum, biasanya bus antar kota Jogja – Semarang, Anda turun di jembatan ini dan pihak penyelenggara akan menyediakan jemputan menuju lokasi pemberangkatan di desa Blondo hulu awal Sungai Elo.

Perjalanan dari kota Jogja menuju titik pemberangkatan sekitar 1 jam bila dengan kendaraan pribadi. Dari jembatan Blondo ini Anda bisa menemukan plang penunjuk arah dari penyelenggara, sehingga tidak sulit menemukan lokasi desa Blondo.

Perjalanan arung jeram mengarungi arus liar hulu sungai Elo ini sekitar 2 – 3 jam. Beberapa titik istirahat tersedia sepanjang jalur sungai. Meski arus liar berwarna kecoklatan, air sangat bersih, arus coklat hanya karena lumpur dari hulu yang terbawa turun akibat hujan deras di hulu. Memang sebaiknya Anda dating pada awal atau akhir musim penghujan ketika arus cukup deras tapi juga cukup aman.

Arung jeram berakhir di desa Mendut, tidak jauh dari lokasi candi Mendut dan candi Borobudur. Bila Anda harus kembali ke hulu sungai di desa Blondo, mungkin karena kendaraan pribadi Anda berada disana, pihak penyelenggara menyediakn kendaraan pengantar dengan tarif tambahan. Tapi beberapa pengunjung justru menyempatkan diri menilik ke candi Mendut yang berjarak beberapa kilo saja dari lokasi sungai Elo ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencicipi derasnya arus liar hulu sungai Elo dan merasakan basah kuyup di tengah dinginnya sungai kaki gunung, Anda bisa menyiapkan kocek sekitar 200 ribu perkepala. Itu merupakan tarif arung jeram yang dikenakan penyelenggara bagi peserta.

Harga ini sudah termasuk semua fasilitas dan pengamanan seperti peralatan arung jeram, petugas pemandu (skipper), petugas rescue dan pengawalan, kendaraan pengantar, dokumentasi juga snack dan makan siang. Murah meriah kan mengarungi arus liar di Sungai Elo?

(sumber gambar : doank11.web.id)

Leave a Comment

Mengarungi Arus Liar Sungai Elo Magelang

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close