Menikmati Panorama Unik Goa Jomblang

menikmati panorama unik goa jomblang

Menikmati Panorama Unik Goa Jomblang

Bagi Anda penggemar olahraga adrenalin Anda bisa mencoba memuaskan hasrat Anda di salah satu kawasan wisata unik di daerah Gunung Kidul Yogyakarta, Goa Jomblang.

Goa Jomblang ini memang sangat unik, karena letak pintu masuknya yang vertikal jadi layak menjadi destinasi wisata adrenalin.

Beberapa ahli berkeyakinan kalau goa Jomblang adalah hasil dari proses sinkhole yakni, penurunan permukaan tanah secara simetris karena kekosongan pada sisi dalam struktur tanah.

Karena pada sisi dalam dari goa ini adalah sebuah goa horizontal dengan aliran sungai purba. Bisa Anda bayangkan bagaimana pesona dari goa purba ini. Lengkap dengan landscape disekitar goa yang berupa hutan dan kawasan savanna yang sangat indah. Peristiwa sinkhole ini terjadi pada ratusan tahun lampau.

Pesona Bawah Tanah Goa Jomblang

Goa Jomblang memang memiliki pesona bawah tanah yang paling lengkap. Anda akan menemukan segala pesona bawah tanah yang Anda cari. Bahkan pesona goa Jomblang termasuk yang paling unik di dunia. Karena dalam goa ini terdapat hutan purba bawah tanah, sungai lengkap dengan arus dan air terjun bawah tanah dan juga segala stalaktit dan stalakmit purba yang berusia ratusan dan ribuan tahun.Hal inilah yang membuat suasana dalam goa menjadi sangat unik, dramatis dan magis.

Yang luar biasa, pada dasar goa Jomblang terdapat hutan yang konon dulunya berada di permukaan tanah. Mungkin tidak banyak Anda temui di dunia ini ada sebuah hutan di tengah goa dan goa Jomblang adalah salah satunya.

Uniknya lagi, untuk memasuki goa, Anda harus menuruni tebing goa yang lebih mirip sumur ini dengan cara Single Rope Technique (SRT). Ini bisa menjadi salah satu media latihan alam bagi Anda penggemar penggemar aktivitas olahraga ekstrim. Tinggi tebing mencapai 60 meter.

Setiba Anda di permukaan gua, Anda akan menemukan pengalaman luar biasa yang tidak bisa tergambarkan dengan kata-kata. Goa sedalam 60 meter ini akan terterpa cahaya matahari yang mirip dengan tirai, menerpa stalaktit dan stalakmit purba dengan aneka ukuran dan warna. Sangat mempesona dan memberi Anda rasa magis yang tidak terjemahkan. Untuk mendapatkan pesona semburat cahaya ini Anda perlu datang ke dalam goa pada pukul 10 pagi hingga 13 siang.

Pada sisi lain dari goa ini, terdapat sebuah sebuah sungai bawah tanah yang bernama kali Suci. Kali ini bisa menjadi wahana bermain air yang mengasyikan apalagi bila Anda mendatangi kawasan ini pada musim kemarau. Anda bisa menyusuri sungai pada dasar goa Jomblang di jalur horizontalnya yang juga dikenal dengan nama goa Grubug. Anda bisa menemukan sebuah air terjun bawah tanah, sebuah fenomena alam yang sangat luar biasa dan mengundang rasa magis yang luar biasa pula.

Menuju Goa Jomblang

Lokasi goa Jomblang di kawasan Gunung Kidul tentu menjadikannya lebih mudah Anda tempuh bila Anda datang dari kota Yogyakarta. Jadi Bila Anda datang dari luar kota Yogya, Anda perlu datang ke kota ini dulu baik dengan pesawat atau kereta api.

Kemudian menempuh perjalanan kota Yogya menuju kota Wonosari. Perjalanan sekitar 1, 5 jam baik dengan bis angkutan desa dengan biaya Rp 7 ribu. Kemudian lanjutkan dengan angkutan desa dari Wonosari menuju desa Semanu. Anda bisa turun di plang Goa Kali Suci, kemudian berjalan kaki sekitar 2 km menuju mulut goa.

Bila Anda menggunakan kendaraan sendiri, Anda bisa menempuh perjalanan Yogya – Wonosari kemudian sesampai di Wonosari lanjutkan ke arah Semanu dan cari plang Goa Kali Suci. Anda akan memasuki rute tanpa aspal yang kasar dan berbatu, melewati jalur persawahan dan perkebunan. Jadi sebaiknya Anda menggunakan kendaraan adventure.

Tidak sulit kan untuk mencapai goa Jomblang yang penuh pesona bawah tanah ini. Cukup dengan perjalanan 1 – 2 jam saja dan Anda sudah bisa menikmati panorama unik dari goa purba hasil sinkhole ini. Selamat berwisata adrenalin…

(sumber gambar : damnilovegunungkidul.com)

Leave a Comment

Menikmati Panorama Unik Goa Jomblang

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close