Menilik Informasi Mengenai Si Raksasa Bunga Raflesia Arnoldi

menilik informasi mengenai si raksasa bunga raflesia arnoldi

Menilik Informasi Mengenai Si Raksasa Bunga Raflesia Arnoldi

Nama bunga Raflesia Arnoldi memang sudah asing lagi buat kita orang Indonesia, malah bisa jadi bunga ini adalah salah satu kebanggaan kita. Tak salah memang, bunga raksasa ini memang hanya bisa dijumpai di kawasan Bengkulu Indonesia.

Meski kini spesimennya sudah menyebar kebeberapa kebun botanical dunia seperti di Kyoto dan Inggris. Bahkan bunga Raflesia Arnoldi juga sudah menjadi specimen andalan di kebun raya Bogor.

Bunga Raflesia Arnoldi ini memiliki ciri khas aroma bunganya yang memancarkan aroma bangkai yang kuat. Konon saking kuatnya, Anda masih bisa mencium aromanya dalam jarak lebih 10 meter.

Itu sebabnya bunga ini kerap menimbulkan kerancuan dengan bunga bangkai lain yang bernama latin Amorphophallus titanium atau Sruweg raksasa.

Perbedaan utamanya adalah struktur bunganya dan sifat tanamannya. Bunga Sruweg adalah jenis tanaman talas-talasan dengan tajuk bunga tinggi hingga lebih dari 2 meter, memiliki tongkol bunga memanjang gilig dengan bunga majemuk. Bunga ini sempat memiliki daun dan batang hingga kemudian layu untuk menumbuhkan bunga.

Sementara itu bunga Raflesi Arnoldi merupakan tanaman parasite dengan bunga melebar, memiliki 5 kelopak bunga dengan sisi tengah berlubang. Pada sisi dalam lubang terdapat piringan serbuk sari atau putik sesuai dengan jenis kelamin bunga. Sejak awal tanaman ini memang tidak memiliki unsur daun atau batang, bahkan akarpun hanya berupa serabut sederhana yang menempelkan struktur bunga pada batang inang.

Yang menjadikan bunga ini menawan adalah penampakan bunganya yang sebenarnya memang sangat cantik. Ukuran raksasa bunga ini yang bisa menyentuh angka 1 meter ini membuatnya tampak dominan di kedalaman hutan tropis Bengkulu. Karena bunga ini memiliki warna merah yang cerah dengan semburat bintik putih yang membuatnya tampak eksotis.

Bila Anda tertarik untuk melihat kecantikan bunga raksasa ini dan menghirup aroma bangkai puas-puas, Anda tak harus menyambangi kedalaman hutan tropis Bengkulu, kecuali memang Anda tertarik menambah pengalaman traveling Anda. Karena setiap beberapa tahun bunga raflessia Arnoldi berbunga secara rutin di kebun raya Bogor.

(sumber gambar : artflakes.com)

Leave a Comment

Menilik Informasi Mengenai Si Raksasa Bunga Raflesia Arnoldi

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close