Menjadi Saksi Pesona Pulau Komodo

menjadi saksi pesona pulau komodo

Menjadi Saksi Pesona Pulau Komodo

Bukan Maladewa atau Dubai yang menjadi incaran seorang Gwyneth Paltrow untuk menghabiskan liburannya bersama kedua anaknya pada summer 2013 ini.

Tapi sebuah pulau yang baginya teramat eksotis dan tak terlupakan, pulau Komodo. Bahkan kedatangannya ke pulau Komodo adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, begitu tulisnya di blog pribadi Gwyneth.

Pulau Komodo, terletak di Kabupaten Manggarai Barat tepatnya sisi barat dari Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Belakangan sejak pulau ini resmi masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia dari alam dan memenangkan keseluruhan polling, popularitas dari pulau ini memang meningkat pesat.

Pulau yang secara resmi ditemukan oleh seorang letnan Belanda Steins Van Hens pada tahun 1910 ini, memang bukan pulau biasa. Yang membuatnya istimewa adalah penghuninya, yakni kadal raksasa Komodo. Kadal yang diyakini berasal dari jaman purbakala ini, hanya ada di kawasan Taman Nasional Komodo. Jumlah hewan yang menginspirasi tokoh si Komo ini total hanya sekitar 3500an ekor saja.

Komodo inilah yang menjadi identitas utama dari pariwisata pulau Komodo dan 2 pulau lain yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo, yakni pulau Rinca dan pulau Padar. Komodo menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang berkunjung ke kawasan ini. Tapi pulau ini akan memuaskan Anda lebih dari sekedar melihat eksotisme hewan naga pra sejarah ini. Ada lebih banyak lagi eksotisme lain yang perlu Anda jelajahi di pulau Komodo dan kawasan sekitarnya.

Jauh-jauh Anda datang ke kawasan ini, melalui jalur udara ke kota Kupang (ibukota NTT), kemudian Anda lanjutkan dengan perjalanan udara dengan pesawat perintis ke daerah Ende Flores. Perjalanan masih berlanjut dengan bus selama 10 jam ke kota Labuhanbajo dan berakhir dengan speed boat selama 2 jam ke pulau Komodo. Memang bukan perjalanan yang mudah dan murah tapi cukup setimpal karena Anda akan menemukan sebuah surga ditengah lautan.

Karena pulau Komodo tidak hanya mengenai naga raksasa, tapi mengenai keindahan alam yang luar biasa mempesona. Kehadiran beragam pesona yang bisa jadi hanya ada di beberapa tempat di dunia dan beruntungnya Anda bisa jumpai di kawasan ini.

Yang saya maksudkan adalah sebuah kawasan dengan hamparan pasir pink yang hanya ada 7 spot di dunia ini. Bila Anda sudah biasa menemukan pantai dengan pasir putih, kuning dan hitam. Maka Pink Beach akan sangat berbeda, koral merah yang berubah menjadi butiran pasir menyulap permukaan pantai ini menjadi berwarna semburat pink. Berpadu dengan lautan biru muda yang tenang rasanya ini tidak akan Anda jumpai di manapun di Indonesia.

Jika itu belum cukup, maka Anda harus menyempatkan diri snorkeling di 36 spot wisata bawah air di kawasan taman nasional Komodo ini. Bukan hanya di kawasan pantai pulau Komodo tapi juga di sekitar pulau lain. Terumbu karang di sekitar pulau Komodo termasuk dalam 20 lokasi bawah air terbaik di dunia. Jadi lagi-lagi Anda beruntung bisa mendapatkan spot snorkeling sebaik ini di Indonesia.

Bagi Anda yang menyukai adventure, pulau Komodo adalah pilihan tepat. Di kawasan ini terdapat jalur tracking yang luar biasa memasuki pedalaman hutan Mangrove salah satu yang memiliki kekayaan hayati terbaik di Indonesia. Kemudian memasuki kawasan perkampungan masyarakat asli pulau ini, dan berinteraksi dengan suku Ata Modo yang masih menerapkan kehidupan tradisional. Melakukan perjalanan ke dalam sebuah gua penuh dengan kelelawar di pulau Kalong beberapa menit dari pulau Komodo.

Kemudian berakhir di puncak bukit Golo Kode untuk menyapukan seluruh pandangan Anda ke keindaha topografi pulau Komodo yang menakjubkan. Dan terakhir menikmati sore dengan memandang selat Molo yang berarus deras bak sungai dari kejauhan.

Sebuah perjalanan yang luar biasa kan? Anda tidak akan bisa melupakannya, sebagaimana seorang Gwyneth Paltrow yang tidak bisa melupakan eksotisme pulau Komodo. Jadi jangan kalah dengan Gwyneth si aktris Hollywood yang rela melakukan perjalanan ratusan kilo demi menikmati pulau Komodo. Anda juga harus menjadi saksi dari pesona pulau Komodo.

(sumber gambar : amazingkomodo.wordpress.com)

 

Leave a Comment

Menjadi Saksi Pesona Pulau Komodo

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close