Menyusuri Keindahan Tertinggi di Puncak Jaya

menyusuri keindahan tertinggi di puncak jaya

Menyusuri Keindahan Tertinggi di Puncak Jaya

Puncak Jaya disebut juga Carstensz Pyramid adalah puncak dari kawasan pegunungan Jaya Wijaya di propinsi Papua yang menjadi satu-satunya kawasan dengan lapisan es di Indonesia.

Kawasan dengan ketinggian mencapai 4884 meter di atas permukaan laut ini merupakan permukaan tertinggi di Indonesia dan salah satu dari 7 puncak dunia.

Sebenarnya tinggi dari gunung Jaya Wijaya masih rancu. Karena ada beberapa versi dari ketinggian ini.

Beberapa pakar geografi dari Australia meyakini kalau ketinggian gunung ini mencapai 5030 meter dan ada pula pakar lain yang mengatakan ketinggian Puncak Jaya ini mencapai kisaran 5012 m. Perbedaan pendapat ini bisa jadi disebabkan perubahan lapisan es yang kadang tebal dan kadang tipis.

Ya… memang yang khas dari Puncak Jaya ini adalah keberadaan carstensz pyramid berupa lapisan es yang berada di 3 puncak gunung dari deretan puncak di kawasan Jaya Wijaya. Puncak dengan lapisan es ini pertama kali terdata ditemukan pada masa pemerintaha Belanda tahun 1936 oleh seorang pakar penjelajah bernama Jan Carstenszoon. Namanyalah yang kemudian direkam sebagai nama lapisan es pada puncak Jaya.

Sebenarnya Carstensz Pyramid bukan satu-satunya puncak di kawasan gunung Jaya Wijaya. Ada tiga puncak yang ada di deretan gunung ini yakni puncak jaya, puncak Mandala dan puncak Trikora. Ketiga puncak ini pada masanya terlapisi oleh es pada permukaannya.

Lapisan es ini berasal dari aktivitas awan pada lapisan atmosfer yang cenderung lebih dingin dan berarus lebih keras. Dari sinilah muncul butiran es yang merupakan hasil bekuan udara yang berada di lapisan atmosfer tersebut.

Sayangnya memasuki tahun 1970an, lapisan es di puncak gunung Jaya Wijaya ini mulai menipis secara permanen. Dugaan terkuat ini akibat pemanasan global yang mengikis salju di atas puncak. Malah BMKG meyakini kalau seluruh lapisan emas ini akan hilang sepenuhnya pada ahun 2024. Saat ini lapisan es hanya tersisa di Puncak Jaya sedang di puncak Mandala dan puncak Trikora, lapisan es sudah hampir memudar sepenuhnya.

(sumber gambar : belantaraindonesia.org)

Leave a Comment

Menyusuri Keindahan Tertinggi di Puncak Jaya

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close