Menyusuri Pesisir Eksotis Pantai Karang Bolong Kebumen

menyusuri pesisir eksotis pantai karang bolong kebumen

Menyusuri Pesisir Eksotis Pantai Karang Bolong Kebumen

Rupanya tidak hanya di kawasan Banten saja Anda bisa menjumpai kawasan pesisir dengan nama Pantai Karang Bolong. Anda juga bisa menjumpai kecantikan yang sama dari karang berlubang di kawasan Kebumen Jawa Tengah.

Berlokasi 19 km di selatan kota Gombong, dengan memakan waktu perjalanan sekitar 30 menit dari kota kecamatan kecil di jalan raya  jalur selatan.

Lokasi Pantai Karang Bolong sejajar dengan Pantai Suwuk  yang hanya terpisahkan oleh muara sungai dan menariknya Anda bisa leluasa menyeberang sungai untuk menghubungkan kedua pantai ini.

Pantai ini memiliki hamparan pasir kehitaman dengan jajaran pohon nyiur yang menghiasi pinggiran pantai. Tetapi bukan ini spot menarik dari Pantai Karang Bolong. Di sudut timur pantai tepat pada sisi yang bersebelahan dengan muara sungai, terdapat lapisan batuan karang yang konon diyakini para ahli merupakan hasil perpaduan karang laut dengan batuan lahar purba.

Pada salah satu sisi batuan karang ini terbentuk bukit karang dengan lubang-lubang membentuk gua. Beberapa diantaranya benar-benar berlubang hingga menuju ke muara sungai dan inilah yang kemudian menjadikan pantai ini bernama Karang Bolong.

Kontur pantai memang berbeda dari kontur Pantai Karang Bolong di Banten dengan karang berlubang di depan bibir pantai dan dengan eksotisnya bisa memberi bingkai indah untuk sang surya ketika matahari terbenam.

Karang berlubang pada Pantai Karang Bolong Kebumen, tidak memiliki bentuk yang serupa dengan karang berlubang di Pantai Karang Bolong Banten. Tetapi memberikan Anda pengalaman yang tidak kalah unik dan berbeda. Karena karang ini langsung tembus pada sisi muara sungai yang langsung berhubungan dengan lautan dan langsung pula berseberangan dengan Pantai Suwuk di sebelahnya.

Anda bisa menikmati hempasan ombak di bibir karang yang menjadi dinding muara, beberapa orang suka memancing di kawasan ini karena air payau dengan karang di kawasan ini konon digemari banyak jenis ikan. 

Ada kengerian sekaligus rasa takjub yang akan menghantarkan Anda rasa yang berbeda. Terakhir, sempurnakan perjalanan Anda di Pantai Karang Bolong ini dengan menyeberangi muara sungai beriak kencang ini menggunakan perahu menuju Pantai Suwuk yang tidak kalah menawan.

(sumber gambar : bonaaguskalesara.wordpress.com)

Leave a Comment

Menyusuri Pesisir Eksotis Pantai Karang Bolong Kebumen

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close