Mereguk Kesegaran Air Terjun Madakaripura

mereguk kesegaran air terjun madakaripura

Mereguk Kesegaran Air Terjun Madakaripura

Bila Anda berencana melakukan trip wisata ke kawasan Taman Nasional Bromo, maka sempatkanlah untuk singgah ke air terjun Madakaripura.

Letaknya masih dalam kawasan taman Nasional Bromo, sekitar 20 menit dari pusat aktifitas dari penduduk Tengger di kaki gunung Bromo.

Air terjun Madakaripura tersimpan di balik perbukitan Tengger, sehingga tidak banyak yang mengetahui keberadaannya.

Padahal lokasi ini adalah sebuah saksi sejarah dari akhir masa kejayaan kerajaan Majapahit dan kehidupan seorang tokoh penting nusantara, Patih Gajah Mada. Pada akhir hayatnya, Patih Gajah Mada menghabiskan hidupnya di kawasan ini untuk bertapa.

Bukan hanya karena itu lokasi ini wajib Anda singgahi. Tapi lebih karena keindahan dan keunikannya yang tidak akan Anda jumpai pada air terjun lain di Nusantara. Setelah berpuas diri menikmati keindahan pagi di bukit Pananjakan Anda bisa menempuh jarak sekitar 15 km untuk kemudian menikmati bermain air terjun di lokasi ini. Tepatnya di desa Sapih, Lombang kawasan Tengger.

Semenjak dari pintu masuk kawasan air terjun Madakaripura, Anda sudah disambut oleh patung Patih Gajah Mada yang seolah menyapa kedatangan Anda. Memasuki kawasan air terjun, Anda akan basah oleh rangkaian air terjun tipis yang mengalir lembut dari balik celah-celah tebing bebatuan. Air terjun ini demikian tipis hingga menyerupai tirai air yang lembut.

Track yang Anda lalui terbuat dari semen dengan batuan kecil sehingga tidak licin meski terus basah oleh tirai air. Tapi Anda tetap harus lincah dan waspada, karena Anda harus melalui jalanan sempit dan celah-celah batuan. Bukan perjalanan yang biasa Anda temui di air terjun manapun. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi keindahan panorama perbukitan Tengger dan gemericik air sungai kecil yang beradu dengan bebatuan.

Tujuan akhir Anda adalah sebuah air terjun utama yang unik. Anda akan menemukan sebuah ruang dengan beratap langit cerah berbentuk serupa tabung. Pada dinding tabung inilah Anda akan menemukan curahan air terjun yan jatuh lembut namun tajam. Begitu indah laksana hamparan tirai sutra tebal yang menyeruak dari balik tebing.

Ada rasa takjub sekaligus takut yang berpadu ketika Anda berada di air terjun utama ini. Anda seolah sedang berada pada dasar suatu sumur, muncul perasaan seakan Anda akan terhempas oleh air terjun.

Mungkin ini pula yang menyebabkan kawasan ini akan tertutup, tidak dapat Anda kunjungi, pada musim penghujan. Pengunjung bisa saja akan terhempas banjir dan longsor yang tiba-tiba saja datang.

Pengalaman yang tiada duanya dan panorama yang tiada tandingannya. Jangan heran kalau air terjun Madakaripura juga menjadi destinasi para pemburu foto. Mengabadikan sebuah kebesaran Tuhan yang tidak akan mudah Anda temukan di kawasan lain tentu sebuah kehormatan.

Sekedar untuk tips, bagi Anda yang datang berkunjung ke lokasi ini, gunakan sandal yang tidak licin, Anda perlu membawa pakaian ganti. Anda bisa menyewa payung dan jas hujan di warung-warung sekitar pintu masuk, tetapi membawa sendiri juga tidak ada salahnya.

Jangan bebani diri Anda dengan banyak bawaan, sekalipun Anda seorang fotografer. Disini Anda perlu lincah bergerak meniti jalan licin dan celah-celah batuan. Jadi membawa terlalu banyak barang akan mengurangi kelincahan Anda.

Warung-warung di sekitar pintu masuk juga menyuguhkan aneka penganan dan minuman hangat yang cocok untuk Anda yang sudah puas bermain dengan kesegaran air terjun Madakaripura. Selain itu warung-warung ini juga siap menyediakan guide bila Anda memerlukan.

Jadi jangan lupa sempatkan mampir ke air terjun Madakaripura dalam perjalanan wisata Anda ke Taman Nasional Bromo. Saya jamin, Anda tidak akan menyesal…

(sumber gambar : travel.yellowpages.co.id)

Leave a Comment

Mereguk Kesegaran Air Terjun Madakaripura

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close