Momen Yang Pas Berwisata di Danau Kelimutu Flores

momen yang pas berwisata di danau kelimutu flores

Momen Yang Pas Berwisata di Danau Kelimutu Flores

Bagi Anda para traveller, danau Kelimutu sudah pasti tidak asing. Danau yang berlokasi sekitar 66 km dari kota Ende ini termasuk dalam jajaran lokasi wisata legendaris di Indonesia.

Bertempat pada Taman Nasional Gunung Kelimutu, konservasi terkecil untuk kawasan Nusa Tenggara dan Bali, lokasi ini justru menjadi spot tersohor di dunia.

Penyebabnya adalah 3 buah danau yang berdampingan di ketinggian puncak gunung Kelimutu. Tiga danau ini memang sangat unik dan satu-satunya di Indonesia.

Keunikannya terletak pada warna masing-masing danau yang berbeda-beda dan terus berubah tanpa bisa terprediksi.

Sebenarnya danau berwarna itu sangat banyak di dunia, termasuk pula danau yang bisa berubah-ubah warna. Seperti danau Biru di Australia Selatan dan danau Yudamari di Jepang. Tapi danau Kelimutu adalah satu-satunya danau yang bisa berubah warna tanpa bisa terprediksi. Danau Kelimutu pernah berwarna merah, biru, hijau, coklat bahkan hitam dan putih.

Bagi Anda yang tertarik menghabiskan masa liburan dengan menikmati keindahan alam dari danau Kelimutu Anda harus melakukan perjalanan panjang dari kota Anda ke kota Kupang, Nusa Tenggara Timur dengan pesawat. Perjalanan Anda lanjutkan dengan pesawat lokal ke daerah Maumere atau Ende dengan biayanya berkisar Rp 250 ribu.

Setibanya di Ende atau Maumere, Anda bisa menyewa kendaraan ke desa Moni yang merupakan pintu gerbang dari gunung Kelimutu. Waktu tempuh antara Ende atau Maumere ke Moni sekitar 4 jam. Pilihan lain dengan menaiki angkutan desa yang biasa masyarakat setempat sebut oto kol menuju Moni. Jarak dari desa Moni ke puncak gunung Kalimutu sekitar 15 km atau 40 menit perjalanan jalan kaki.

Bila Anda menaruh minat untuk berwisata pada danau Kelimutu ini Anda bisa memilih momentum festival danau Kelimutu yang akan diselenggarakan pada 14 Agustus 2013 ini. Perhelatan akbar ini menjadi agenda rutin dari pemerintahan setempat untuk meningkatkan pariwisata di kawasan Nusa Tenggara Timur.

Acara yang memang sengaja bertempat di salah satu kekayaan utama dari kawasan NTT, yakni danau Kelimutu ini akan memamerkan ragam seni dan budaya dari 9 kabupaten dari propinsi NTT, mulai dari Lembata, Flores Timur, Sikka, Nagakeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai, Manggarai Barat dan Ende.

Dalam acara ini akan berlangsung rangkaian pertunjukan seni, pameran seni dan budaya, trade fair yang akan memberi Anda lebih dari sekedar keindahan panorama gunung Kelimutu tapi juga memperkaya pengetahuan Anda akan khasanah budaya tanah air. Kesempatan yang teramat sayang Anda lewatkan begitu saja.

Untuk menghadiri kesempatan akbar ini, persiapan Anda harus lebih matang. Penyelenggara memprediksi acara ini akan mendapat apresiasi dari penjuru dunia,perkiraan peningkatan pengunjung pada periode ini sekitar 80 %. Jadi sebaiknya Anda melakukan persiapan awal jauh-jauh hari, terutama mengenai akomodasi dan transportasi.

Deretan penginapan di kawasan Moni yang biasanya dibandrol dengan harga kisaran Rp 100 – 200 ribuan mungkin akan naik sekitar 30 % dan akan full booked beberapa minggu sebelumnya. Untuk Anda yang memilih hotel dengan standar lebih baik bisa memilih hotel-hotel di daerah Ende dan Maumere yang tidak terlalu jauh dari kawasan Taman Nasional ini. Biaya hotel permalam di kawasan ini sekitar Rp 300 ribu pada hari biasa.

Jadi apakah Anda siap menikmati keindahan danau Kelimutu dan festival budaya Nusa Tenggara Timur di bulan Agustus ini?

(sumber gambar : sevenholidayspot.com)

Leave a Comment

Momen Yang Pas Berwisata di Danau Kelimutu Flores

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close