Muara Angke, Wisata Pesisir Komplit di Pinggiran Jakarta

muara angke wisata pesisir komplit di pinggiran jakarta

Muara Angke, Wisata Pesisir Komplit di Pinggiran Jakarta

Kalau mengaku orang Jakarta pasti tidak asing dengan nama Muara Angke. Sebuah kawasan di sisi utara Jakarta yang terkenal sebagai salah satu pasar ikan terbesar di Jakarta.

Tetapi ternyata ada sangat banyak hal yang bisa Anda temukan di kawasan Muara Angke dan menjadikannya sebagai destinasi wisata pesisir yang lengkap.

Nama muara Angke terkenal sebagai salah satu pusat kuliner hidangan laut sejak tahun awal 90an ketika beberapa warung makan merintis usaha hidangan laut di lokasi ini.

Sebenarnya  ide awalnya hanya mengembangkan potensi lokal kawasan Muara Angke ini yang memang sudah terkenal dengan pasar ikannya yang besar. Namun ternyata selain sebagai kawasan wisata kuliner, Anda juga bisa menikmati wisata bahari dan eko wisata di kawasan muara sungai Angke ini.

Di Muara Angke terdapat cagar alam yang terdiri dari  kawasan hutan bakau seluas 170 ha yang masih cukup terpelihara dengan beragam hewan khas yang hidup di dalamnya. Lokasi kawasan cagar alam berada sekitar 500 meter dari Pantai Indah Kapuk, 200 meter dari jembatan menuju kawasan Muara Angke.

Di kawasan Eko wisata ini Anda dapat menyusuri sungai Angke dengan perahu motor dan melihat langsung  biota muara dan membidiknya dengan kamera. Atau Anda juga bisa menikmati panorama unik hutan bakau dengan menyusuri track pejalan kaki yang tersedia. Ini adalah satu-satunya kawasan eko wisata di daratan Jakarta, karena selebihnya hanya bisa Anda jumpai di kawasan kepulauan Seribu.

Kawasan Muara Angke juga terkenal sebagai kawasan pelabuhan yang ramai. Aktivitas utamannya adalah kegiatan perkapalan perikanan dan aktivitas pemberangkatan kapal menuju kawasan kepulauan Seribu.  Cukup sibuk dan akan sangat menyenangkan menghabiskan waktu di kawasan pelabuhan sembari menikmati kesibukannya. Untuk menuju pelabuhan Anda cukup melanjutkan perjalanan sekitar 2 km lagi dari pantai indah kapuk.

Apalagi kalau Anda memang berencana bertandang ke kawasan kepulauan Seribu dengan budget terbatas. Karena biaya pemberangkatan kapal dari pelabuhan ini lebih miring dari harga pemberangkatan dari pelabuhan Suda Kelapa.

Itulah pesona kawasan Muara Angke, kawasan pesisir kebanggaan Jakarta yang akan mempersembahkan wisata komplit untuk Anda. Jadi jangan lupa jadikan kawasan ini destinasi wisata Anda di akhir pekan.

(sumber gambar : flickr.com)

Leave a Comment

Muara Angke, Wisata Pesisir Komplit di Pinggiran Jakarta

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close