Nikmatnya Kesegaran Sup Tunjang Ala Kuliner Pekanbaru

nikmatnya kesegaran sup tunjang ala kuliner pekanbaru

Nikmatnya Kesegaran Sup Tunjang Ala Kuliner Pekanbaru

Kota Pekanbaru adalah salah satu pusat budaya Melayu yang ada di Indonesia. Meski secara umum seluruh Sumatera juga mengusung kebudayaan yang sama.

Dari budaya Melayu yang kental inilah kemudian membuat kuliner di kota Pekanbaru ini sangat kental dengan kuliner khas ala Melayu macam sayuran santan dengan bumbu gulai dan aneka masakan dengan bumbu pedas yang kuat.

Namun ternyata di kota Pekanbaru ini Anda juga bisa menemukan hidangan khas yang jauh dari unsur santan dan aneka bumbu gulai yang pedas dan beraroma kuat.

Justru hidangan ini sangat lembut, terasa menyegarkan dan terasa nikmat kala Anda makan di kala siang hari yang panas atau justru di malam hari yang dingin.

Inilah sup tunjang, hidangan berkuah dengan bahan utama bagian tunjang dari sapi. Tunjang dalam bahasa Indonesia berarti tulangan sapi yang masih sarat dengan otot lunak dan beberapa bagian lemak yang cenderung lebih kenyal. Hidangan sup ini terasa ringan dan lembut meski menggunakan bahan tunjang yang kenyal dan berlemak.

Ini karena sup ini menggunakan aneka bumbu dan rempah yang meringankan efek lemak dan membuat sup terasa sangat harum dan menggugah selera. Biasanya tunjang hadir dalam potongan dadu-dadu besar, ada yang lengkap dengan tulangnya ada yang sudah lepas dari tulang. Hidangan ini dilengkapi dengan taburan daun seledri cincang dan bawang goreng.

Untuk mencicipi kuliner Pekanbaru satu ini, Anda bisa mencoba di beberapa rumah makan dan warung penjaja sup tunjang yang populer di kota ini. Lah satu yang paling populer adalah sup tunjang pertama di kawasan Kayu Manis, tepatnya di jalan Subrantas, Pekanbaru. Sup tunjang di sini memiliki kuah lebih gelap dengan bumbu yang terasa ringan.

Bila Anda mencari rasa sup dengan aroma dan rasa yang lebih kuat berkat rempah-rempahnya, Anda bisa mencicipi sup tunjang Tri Buana di GOR Tri Buana Pekanbaru. Sup tunjang di sini juga tidak kalah populernya meski belum setua sup tunjang pertama.

Siapkan dana seitar 30 ribuan untuk menikmati semangkuk sup tunjang dengan sepiring nasi putih dan segelas es teh. Maka lidah Anda akan dimanjakan oleh kesegaran dan kenikmatan hidangan khas kuliner Pekanbaru yang satu ini.

(sumber gambar : kolomkita.detik.com)

Leave a Comment

Nikmatnya Kesegaran Sup Tunjang Ala Kuliner Pekanbaru

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close