Pancaran Kecantikan Alam di Pantai Baron Yogya

pancaran kecantikan alam di pantai baron yogya

Pancaran Kecantikan Alam di Pantai Baron Yogya

Salah satu pantai yang populer di kota Yogya adalah pantai Baron. Pantai yang berada sekitar 65 km dai kota Yogya ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari Wonosari. Tepatnya sekitar 20 km dari ibu kota kabupaten.

Secara keseluruhan kawasan garis pantai di kabupaten Wonosari terkenal dengan koralnya yang memanjang. Itu sebabnya sebagian besar pantai di kawasan ini memiliki ombak yang cenderung lebih tenang dari ombak di garis pantai kawasan Bantul dan Kulon Progo.

Hanya saja hal ini tidak berlaku di pantai Baron. Karena bentuk pantai ini berupa teluk kecil yang diapit oleh dua bukit karang. Sedang pada sisi tengahnya langsung bertemu dengan laut bebasItu pula sebabnya pasir di pantai ini berwarna kehitaman, seperi pantai di kawasan Bantul, dan bukan seperti garis pantai kawasan Wonosari lain yang berwarna putih.

Justru keberadaan dua bukit karang tadi bukan menjadi pemecah ombak justru memberikan efek bahaya tersendiri. Apalagi di pantai ini juga menjadi muara sungai bawah tanah yang membuat ombak di kawasan ini seperti bertubrukan dan berputar.

Tetapi jangan khawatir, karena di pantai ini terkonsentrasi tenaga pengawas garis pantai untuk mengantisipasi kecelakaan. Anda tetap bisa bermain dan menikmati keindahan dari alam pantai di sini. Apalagi dengan adanya muara sungai bawah tanah tadi, Anda akan melihat pesona yang berbeda yang tidak banyak Anda temukan di pantai lain.

Bila Anda tertarik untuk melakukan perjalanan menuju pantai Baron dengan kendaraan umum, Anda bisa menaiki angkutan mini bus jurusan Baron dari terminal Giwangan Yogya. Biaya perjalanan ini sekitar Rp 15 ribu. Anda akan turun persis di terminal internal kawasan pantai Baron-Krakal dan berjalan sekitar 10 menitan menuju lokasi pantai. Untuk memasuki pantai Anda harus membayar uang masuk sebesar Rp 7 ribu. Cukup terjangkau kan?

Setiba di sana, Anda juga memanjakan lidah Anda dengan selera seafood karena di kawasan ini juga terdapat pasar ikan dan warung-warung yang menjajakan aneka hidangan laut yang akan menggoda lidah Anda.

Sebuah kesempatan wisata yang lengkap kan? Manjakan mata Anda dengan pesona alam pantai Baron dan manjakan lidah Anda dengan hidangan laut khas Baron.

(sumber gambar : masjumadi.blogdetik.com)

Leave a Comment

Pancaran Kecantikan Alam di Pantai Baron Yogya

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close