Pantai Jungwok, Pantai Terpencil di Sudut Timur Gunung Kidul

Pantai Jungwok, Pantai Terpencil di Sudut Timur Gunung Kidul

Pantai Jungwok, Pantai Terpencil di Sudut Timur Gunung Kidul

Kawasan selatan Gunung Kidul, Yogyakarta memang kaya akan rangkaian pantai yang berderet dengan segala pesona yang unik di masing-masing pantai. Ada nama-nama besar macam Pantai Baron atau Pantai Indrayanti yang baru-baru ini dibuka.

Dan bila Anda adalah seorang penjelajah yang tertarik menjajal setiap sudut pantai bahkan hingga ke ujung timur Yogya, Anda bisa mencoba Pantai Jungwok.

Pantai yang berada sekitar 2 km dari pantai Wediombo ini bisa jadi akan memberikan Anda pengalaman berbeda dan unik.

Pantai ini memiliki pasir putih yang cenderung kasar, masih terdapat butiran karang dan kerang pecah di seluruh permukaan pantai. Membuat Pantai Jungwok semakin terkesan sebagai pantai perawan.

Dihiasi dengan rangkaian karang yang eksotis sekaligus memberi rasa mistis yang mendalam. Mungkin juga karena Pantai Jungwok cenderung sangat sepi sehingga memberikan efek mendalam ketika bertandang dan memijakan kaki dalam deburan ombaknya.

Seperti kebanyakan pantai berkarang, deburan ombak di pantai Jungwok selalu tampak besar dan bergeliat dari kejauhan. Tetapi ombak pecah di depan rangkaian karang dan akhirnya menjadi sangat lembut menyapa bibir pantai. Mungkin itu sebabnya pantai ini tetap memiliki pasir kasar karena pantainya jarang dihempas ombak besar.

Tapi bukan hanya deburan ombak halusnya yang akan menemani persinggahan Anda di sana. Pantai Jungwok juga memiliki banyak karang-karang raksasa si pinggir pantai yang memberikan kesan pantai ini seolah dipagari karang. Apalagi dengan adanya sebuah kolam alam yang terbentuk dari cerug karang yang terendam air. Anda bisa bermain air dan berendam di dalamnya, kedalamannya tak lebih dari 1,5 meter, jadi masih sangat aman untuk Anda yang tidak bisa berenang sekalipun.

Lalu bagaimana cara untuk menuju ke Pantai Jungwok? Bila Anda pernah bertandang ke pantai Wediombo, maka pantai ini sudah cukup dekat dari sana. Anda bisa memasuki tikungan dengan plang pantai Wediombo, kemudian belok ke arah kiri di persimpangan jalan, mengikuti jalur hingga mentok.

Dari sini Anda akan memasuki jalur offroad yang sedikit perlu perjuangan untuk dilalui, baik dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan motor. Setidaknya memakan waktu sekitar ½ jam dengan jalan kaki untuk menuju lokasi pantai.

Inilah dia pesona pantai perawan di ujung timur Gunung Kidul, Pantai Jungwok. Pantai terpencil dengan hamparan karang dan pasir putih yang akan menghantarkan Anda kedamaian dan suasana mistis sekaligus.

(sumber gambar : ndrangsan.blogspot.com)

Leave a Comment

Pantai Jungwok, Pantai Terpencil di Sudut Timur Gunung Kidul

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close