Perjalanan Menuju Curug Cikaso yang Bak Surga Tersembunyi

perjalanan menuju curug cikaso yang bak surga tersembunyi

Perjalanan Menuju Curug Cikaso yang Bak Surga tersembunyi

Bagi semua traveler, sangat luar biasa bila bisa menemukan sebuah keindahan alam yang laksana surga pada tempat tersembunyi. Mungkin di balik curamnya tebing-tebing tinggi menjulang atau dibalik lebatnya hutan.

Salah satu surga tersembunyi yang kali ini akan saya bicarakan adalah curug Cikaso. Curug dalam bahasa Sunda berarti air terjun, dan memang curug Cikaso adalah sebuah air terjun menakjubkan di kawasan tersembunyi kabupaten Sukabumi. 

Lokasinya lebih tepatnya di kampung Ciniti, desa Cibitung, kecamatan Surade. Seperti saya katakan, lokasi dari curug Cikaso ini cukup tersembunyi, jadi untuk menuju lokasi memang sedikit perlu pengorbanan.

Pasalnya untuk menuju lokasi curug, hingga saat ini belum tersedia jalur darat yang memadai. Pada umumnya pengunjung harus menempuh jalur air dengan rakit swadaya masyarakat kampung sekitar dan harus membayar dengan tarif yang tidak sedikit. Sekitar Rp 80 ribu sekali jalan.

Tapi meski demikian, perjalanan menuju curug Cikaso bukan perjalanan yang layak Anda sesali. Segala yang Anda temukan di dalam perjalanan ini sangat luar biasa dan mempesona. Itu sebabnya saya tertarik untuk mencoba mengisahkan pengalaman tak terlupakan ini, perjalanan menuju surga tersembunyi, curug Cikaso.

Perjalanan Menuju Curug Cikaso

Untuk Anda yang berasal dari kota Jakarta, perjalanan berawal dengan perjalanan darat dari kota Jakarat menuju kota Sukabumi. Bisa dengan angkutan bus atau dengan kendaraan pribadi, dengan jarak sekitar 120 km. Untuk tarif bus jurusan Sukabumi mulai dari Rp 18 ribu.

Perjalanan sekitar 4 jam ini sama sekali tidak akan melelahkan Anda. Karena begitu memasuki kawasan Sukabumi, Anda akan mendapat suguhan pemandangan perbukitan yang asri dan udara segar khas dataran tinggi.

Memasuki kawasan Sukabumi, Anda akan bertemu dengan pertigaan tugu daerah Surade. Anda belok kanan dan lurus terus sekitar 12 km. Bila Anda menggunakan bus, Anda terpaksa harus turun di pertigaan ini dan menggunakan ojek yang banyak mangkal di pertigaan ini. Jangan khawatir untuk tersasar, karena dari pertigaan ini, Anda akan lebih sering menemukan plang penunjuk arah menuju curug Cikaso.

Setelah itu Anda akan menemukan pintu masuk curug Cikaso. Letak pintu masuk berhadapan dengan sungai Cikaso, asal muasal dari curug Cikaso sendiri. Bagi penduduk lokal, sebenarnya curug memiliki nama curug Luhur, tapi berhubung pengunjung yang datang kerap mengidentikan curug dengan sungai asalnya, jadilah nama Cikaso lebih Anda kenal.

Dari pintu masuk ini terdapat 2 jalur yang bisa Anda tempuh menuju lokasi air terjun, dengan jalur air yang sudah populer atau dengan tracking darat. Keduanya sama mengasyikan, hanya saja cara kedua cukup bisa menjadi cara untuk berhemat.

Biasanya pemandu lokal akan mengarahkan pengunjung untuk naik rakit menyusuri sungai. Anda akan dikenakan harga Rp 80 ribu dengan perjalanan sekitar 5 menit. Harga ini bisa anda tanggung setidaknya sekitar 8 -10 orang,s esuai daya tampung rakit.

Harga Rp 80 ribu lumayan setimpal dengan pengalaman menarik yang akan Anda alami dengan mengarungi hulu arus sungai Cikaso dengan rakit. Bukan hanya karena panorama perbukitannya yang mempesona, tapi karena jarang-jarang kan terombang ambing di tengah arus deras sungai dan di atas rakit tradisional pula.

Tapi perjalanan darat dengan menyusuri sawah dan jalan setapak kampung juga bukan ide buruk. Perjalanan memakan waktu sekitar 10 menit, Anda akan disuguhi pemandangan kehidupan masyarakat sekitar, perbukitan hijau dan persawahan yang membentang.

Curug Cikaso, Obat Lelah Perjalanan Anda

Setiba Anda dihadapan curug Cikaso, Anda akan mendapatkan puncak kepuasan dari perjalanan Anda ini. Hilang semua lelah dan yang tersisa hanyalah kekaguman. 3 buah air terjun berjajar menyeruak di balik tebing, curug Asepan, curug Meong dan curug Aki. Ketinggian ketiga curug ini sekitar 80 meteran. Ketiga air terjun ini tumpah di sebuah kolam kehijauan. Panorama yang luar biasa, benar-benar layaknya berada di surga.

Airnya yang sejuk dan dingin, benar- benar akan mengobati lelah perjalanan Anda. keindahan panorama 3 air terjun berjajar ini akan menjadi kenangan perjalanan indah Anda ke pedalaman Sukabumi. Anda akan bertanya dalam hati, “Kapankah Anda akan kembali lagi ke curug Cikaso?”

(sumber gambar : kfk.kompas.com)

Leave a Comment

Perjalanan Menuju Curug Cikaso yang Bak Surga Tersembunyi

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close