Pesona Bahari Teluk Kiluan Yang Tersembunyi

pesona bahari teluk kiluan yang tersembunyi

Pesona Bahari Teluk Kiluan Yang Tersembunyi

Bagi Anda penggemar wisata bahari, tentu sangat menyenangkan bila bisa menemukan sebuah kawasan wisata bahari yang jarang orang ketahui. Rasanya seperti menemukan harta karun yang sangat bernilai. Begitulah adanya bila Anda bisa bertandang ke teluk Kiluan.

Lokasi teluk Kiluan sebenarnya tidak terlalu jauh dari kota Bandar Lampung, hanya sekitar 80an km saja. Tapi Anda perlu menempuhnya dengan perjalanan 3 jam, karena lokasi teluk ini yang tersembunyi di balik perbukitan terjal, tanpa akses jalan aspal dan menembus hutan. Bila bukan penggemar adventure sudah pasti enggan mengunjungi teluk ini.

Nama teluk Kiluan sendiri masih belum terlalu populer di dunia pariwisata Indonesa, ini karena belum ada promosi optimal dan pengadaan fasilitas memadai untuk kawasan ini. Padahal begitu Anda mencapai lokasi, Anda akan sangat terpukau dengan pesona teluk Kiluan. Anda mungkin akan lupa kalau Anda masih berada di Indonesia, karena beberapa turis asing yang datang ke kawasan ini menyamakannya dengan pesona pantai di Hawai dan Haiti.

Apa Saja Yang Anda Temukan di Teluk Kiluan?

Teluk Kiluan adalah sebuah teluk luas berpasir putih yang tersembunyi di perbukitan Lampung Selatan. Karena lokasinya yang terpencil, boleh saya katakan pantai di sini masih virgin, kalaupun ada pengunjung jumlahnya masih terbatas. Meski pantai menghadap pada lautan Hindia, deburan ombak cukup tenang dan cenderung aman. Terutama bila Anda datang berkunjung pada bulan Juni – Juli, ketika angin timur bertiup.

Aset wisata yang paling utama di teluk Kiluan adalah berinteraksi dengan kawanan lumba-lumba hidung botol dilepas pantai. Kawasan ini memang habitat dari species ini. Menariknya Anda bisa benar-benar sangat dekat dengan kawanan lumba-lumba ini karena mereka sangat ramah dengan manusia. Ini karena masyakat setempat sendiri memperlakukan lumba-lumba secara istimewa sebagai aset.

Selain itu Anda bisa melakukan kunjungan ke pulau Kiluan di ujung teluk, sebuah pulau kecil yang hanya dihuni sepasang suami istri yang mengelola cottage sederhana. Anda akan terpuaskan dengan pesopa bawah laut dengan bersnorkeling dan juga keindahan pantai 4 penjuru lengkap dengan pasir putih, hamparan karang dan batuan besar yang konon adalah hasil letusan gunung Krakatau. Anda juga bisa menikmati pesona sunset dan sunrise yang sangat syahdu di tempat ini.

Belum puas dengan pulau Kiluan, Anda bisa mencoba menembus bukit hutan cokelat pada sisi timur teluk Kiluan, berjalan sekitar ½ jam dan Anda akan menemukan laguna tersembunyi yang luar biasa mempesona dengan air hijau kebiruan. Batuan karang menutup jalan air, sehingga ombak tak sampai ke bibir pantai. Sempurna sekali untuk berenang dan bermain air, karena secara keseluruhan air disini cukup dangkal. Hanya berhati-hati dengan pasir kasar dan batuan karang kecil pada permukaan pasir.

Kawasan ini sangat menarik, seolah jauh dari modernitas, padahal hanya berjarak tak sampai 100 km dari kota besar. Rumah-rumah kayu, kapal kayu tradisional dengan mesin tua, dermaga-dermaga kecil dengan dek kayu yang sangat cocok bagi Anda penggemar memancing dan lambaian nyiur di pinggiran bukit hijau lebat. Bahkan teluk Kiluan baru merasakan fasilitas listrik belum ada satu tahun ini.

Bagaimana Berwisata ke Teluk Kiluan?

Untuk mencapai lokasi Anda hanya bisa menempuhnya dengan kendaraan pribadi atau sewaan. Sebaiknya Anda gunakan kendaraan jenis SUV atau jeep, karena jalur cukup berat. Anda bisa menyewa SUV dengan harga Rp 700 ribu perhari lengkap dengan supir dan BBM. Tersedia banyak jasa sewa kendaraan menuju teluk Kiluan dari kota Bandar Lampung. Jalur terberat ketika Anda mencapai daerah Padang Cermin, Anda harus menempuh jalur off road sejauh 32 km.

Setiba Anda di pintu gerbang teluk Kiluan dengan dua maskot lumba-lumbanya, Anda bisa membayar uang retribusi senilai Rp 4 ribu dan memilih cottage sederhana di sepanjang bibir pantai. Anda perlu merogoh kocek setidaknya Rp 350 ribu – 600 ribu per cottage. Atau Anda juga bisa menginap di pulau Kiluan dengan menyebrang teluk menggunakan jukung seharga Rp 250 ribu untuk 4 orang penumpang. Di pulau ini pengelola menerapkan tarif masuk Rp 5 ribu dan biaya sewa kamar Rp 400 ribu.

Merambah pantai tersembunyi dengan sejuta pesona, pasti sangat menggiurkan Anda yang seorang penggemar wisata bahari sejati. Jadi jangan lewatkan kesempatan berlibur Anda dan bertandanglah ke teluk Kiluan, di Tenggamus Lampung Selatan.

(sumber gambar : sedangtidaksibuk.blogspot.com)

Leave a Comment

Pesona Bahari Teluk Kiluan Yang Tersembunyi

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close