Pesona Bawah Laut Taman Laut Bunaken

pesona bawah laut taman laut bunaken

Pesona Bawah Laut Taman Laut Bunaken

Nama Taman Laut Bunaken sudah terkenal sejak 2 dekade terakhir. Semenjak diresmikan sebagai kawasan konservasi pada tahun 1991, keindahan alam maritim dari Taman laut Bunaken yang terletak di tengah teluk Manado ini selalu menggaung di seantero nusantara.

Bahkan kepopulerannya juga tersiar hingga dunia inerlaut, sebagai salah satu kawasan terumbu karang terbaik di dunia. Tercatat kekayaan flora dan fauna sebanyak 390 spesies.

Yang hidup pada kawasan seluas 890.65 km² dengan total area laut sebesar 97%. Sisa 3 % adalah kawasan darat yang terdiri dari 5 pulau kecil, yakni pulau Bunaken, pulau Manado Tua,pulau Mantehage, pulau Naen dan pulau Siladen

Jangan heran bila nama tanam laut Bunaken menjadi salah satu destinasi tujuan para penyelam interlaut. Menurut Dinas pariwisata Propinsi Sulawesi Utara, pada tahun 2012 saja jumlah wisatawan asing mencapai 70 % dari total kunjungan yang ada. Kunjungan ini selain dari kalangan penyelam profesional juga dari para peneliti biota laut interlaut.

Sudah selayaknya Indonesia bangga dengan kawasan yang saat ini sudah masuk dalam daftar situs warisan dunia milik UNESCO. Karena kekayaan hayati yang terdapat di taman laut Bunaken ini termasuk yang terlengkap di dunia dengan aneka ekosistem pendukung yang sehat.

Daya Tarik Wisata Taman Laut Bunaken

Seperti sudah dikatakan sebelumnya, kawasan ini memiliki pesona bawah laut yang masuk dalam jajaran panorama air terbaik di dunia. Terdapat 20 spot selam yang terletak di sekitar 5 pulau yang masing-masing memiliki ciri khas yang menawan.

Salah satu spot berupa tebing karang bawah laut yang juga dikenal dengan nama underwater great walls atau hanging great walls berupa kawasan karang vertikal yang tinggi menjulang dengan sisi atas menyerupai kanopi menggantung. Spot hanging great walls ini adalah spot selam kawasan taman laut Bunaken paling populer di dunia.

Di luar spot hanging great walls ini Anda juga masih bisa menikmati panorama bawah laut yang luar biasa indah. Padang rumput laut yang seolah menari terbawa ombak, warna-warni terumbu karang aneka bentuk dan ribuan jenis ikan dan hewan laut lain memenuhi terumbu karang. Anda bahkan bisa menemukan paus, kima raksasa dan penyu sisik pada kawasan laut ini. Seperti tengah mengarungi taman eden di tengah dalamnya lautan.

Bagi Anda yang juga menyukai wisata daratan, Anda bisa menikmati keindahan pasir menguning di awasan pantai dari 5 pulau, menikmati tracking ke pedalaman hutan bakau pulau Manado Tua atau justru hiking ke gunung Manado Tua yang sudah tidak aktif. Pesona sebuah kawasan yang tidak akan Anda lupakan seumur hidup Anda. Tidak sedikit pengunjung yang terus datang kembali karena merindukan taman laut Bunaken.

Perjalanan Wisata Ke Taman Laut Bunaken

Lokasi taman laut Bunaken berada di tengah segitiga terumbu karang teluk Manado. Anda bisa menuju ke pulau Bunaken dengan speed boat dari kota Manado selama 30 menit. Biasanya speed boat berangkat dari pelabuhan pada pukul 14.00 waktu setempat selama arus ombak cukup aman.

Untuk akomodasi , Anda bisa memilih satu dari bermacam kelas penginapan di 5 pulau kawasan taman laut. Harga penginapan mulai dari Rp 40 ribu hingga beberapa ratus ribu per kamar. Beberapa cottage memasang harga sedikit mahal tapi sudah termasuk trip lengkap wisata laut dan tracking ke gunung Manado Tua.

Secara umum taman laut Bunaken ini memang sudah cukup kondusif sebagai lokasi wisata dunia karena Anda bisa menemukan fasilitas yang cukup lengkap dari skala premium hingga skala back packer. Jadi berapapun anggaran Anda, lokasi wisata taman laut Bunaken layak menjadi destinasi Anda.

(sumber gambar :paradiseintheworld.com)

Leave a Comment

Pesona Bawah Laut Taman Laut Bunaken

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close