Pesona Si Cantik Misterius Bunga Anggrek Hitam

pesona si cantik misterius bunga anggrek hitam

Pesona Si Cantik Misterius Bunga Anggrek Hitam

Siapa yang memungkiri pesona bunga anggrek? Bunga anggrek adalah sejenis bunga dengan bentuk kelopak berlidah dengan aroma segar, tentu saja memang sangat mempesona. Apalagi kalau bicara soal bunga anggrek langka macam bunga anggrek hitam khas Papua.

Bunga khas Papua ini sangat unik lembar kelopaknya berwarna hitam kecoklatan hingga keunguan. Bentuknya cukup lebar dengan lidah yang berwarna ungu cerah. Bunga denga ukuran sedang ini juga memiliki aroma yang segar layaknya bunga anggrek bulan yang terkenal.

Bunga anggrek hitam asli Papua berbeda dengan bunga anggrek hitam dari Kalimantan. Di pulau Kalimantan juga terdapat bunga anggrek hitam namun dengan warna yang berbeda.

Bunga dari Kalimantan lebih kecil dengan kelopak lebih tirus dengan warna hijau muda. Warna hitam muncul pada lidah dan sisi tengah bunga dengan warna semburat dan bintik-bintik hitam. Benar-benar cantik dan menggambarkan kemisteriusan.

Namun, bunga anggrek hitam asli Papua ini lebih langka dari jenis dari Kalimantan. Tidak mudah menemukan bunga ini di alam liar. Beberapa ahli botani mengatakan kalau bunga ini memiliki kemampuan berkembang biak yang lebih lambat dari tanaman bunga anggrek lain. Dan membutuhkan kelembaban yang sempurna sehingga cenderung hanya mampu bertahan di pedalaman hutan Papua. Bahkan tak jarang para pemburu bunga kesulitan menemukan bunga ini di alam.

Beberapa pedagang bunga anggrek mengatakan sangat sulit menemukan stok bunga ini di pasaran. Karena sebenarnya pemerintahan lokal Papua sudah melarang keluarnya bunga ini dari kawasan pulau Papua, sehingga tidak mudah mendapatkannya di luar Papua. Padahal sebenarnya banyak penggemar bunga eksotis dari Eropa mencari bunga ini.

Satu-satunya cara untuk mendapatkan stok bunga ini adalah dengan pembiakan bunga ini di luar Papua. Itupun tidak mudah karena bunga ini cukup sulit beradaptasi. Beberapa pembiak bunga anggrek hitam mengatakan kemungkinan keberhasilan dari penangkaran bunga ini hanya mencapai 20 – 30 %.

Bunga ini juga memerlukan tanaman indukan yang sehat dari jenis tertentu, karena bunga anggrek hitam termasuk jenis tanaman epifit. Jangan heran kalau harga bunga Anggrek Hitam bisa mencapai 100 juta pertanaman. Fantastis bukan?

(sumber gambar : wahidbahari.blogspot.com)

Leave a Comment

Pesona Si Cantik Misterius Bunga Anggrek Hitam

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close