Pesona Wisata di Negeri Priyangan, Kawah Darajat Garut

pesona wisata di negeri priyangan kawah darajat garut

Pesona Wisata di Negeri Priyangan, Kawah Darajat Garut

Kawah Darajat Garut adalah sebuah kawasan perbukitan di kabupaten Garut Jawa Barat, tepatnya di desa Padaawas, kecamatan Pasir Wangi, Garut.

Daya tarik dari kawasan wisata ini adalah kawah uap panas yang menyembul pada dua titik kawah di pegunungan Papandayan.

Kawasan ini pada awalnya adalah kawasan sentralisasi perkebunan dan industri di daerah Garut. Hal itu dapat dengan mudah Anda tandai dengan keberadaan beragam unit industri, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), PT Chevron dan PT Pertamina serta rangkaian perkebunan sayur mayur dan tanaman kayu milik Perhutani.

Tapi sejak ahun 2010, kawasan ini juga dibuka untuk aktivitas wisata, terutama dengan adanya pembangunan kawasan pemandian air panas, outbond serta waterpark dengan air hangat. Pengelola juga kemudian membuka kesempatan bagi penduduk lokal mendirikan villa, cottage dan hotel-hotel di sepanjang kawasan Kawah Darajat Garut ini. Pengelola juga memperbaiki sarana dan prasarana mulai dari jalan masuk utama dari Samarang, hingga pembangunan SPBU.

Secara perlahan, popularitas kawasan Kawah Darajat Garut semakin besar dan geliat pariwisata di Kawah Darajat Garu mulai muncul. Pengunjung selalu memadati lokasi wisata ini terutama pada musim liburan dan akhir pekan. Rata-rata pengunjung menjadikan kawasan ini semacam kawasan puncak bogor, sebagai lokasi peristirahatan.

Kawah Darajat Garut memang sangat pas untuk menjadi kawasan wisata peristirahatan, dengan panorama alam pegunungan yang sejuk dan segar serta hamparan perkebunan sayuran dan kayu yang menghias permukaan tanahnya.

Belum lagi Anda juga bisa berwisata tracking menuju pegunungan Papandayan, dan muka kawah Darajat. Meski berupa tracking pendakian, track ini terhitung landau dan mudah Anda lalui. Justru bisa menjadi olahraga ringan dan mampu merecharge semangat Anda. Pada akhirnya Anda bisa menikmati panorama yang sangat menakjubkan dari puncak pegunungan setinggi 1920 m dpl ini.

Jangan heran dengan pesona seindah ini, tingkat kunjungan di Kawah Darajat garut bisa mencapai ratusan ribu tiap akhir pekan. Pada akhir pekan panjang, akan terbentuk jalur macet menuju Kawasan wisata hingga malam hari.

Yang menarik dari kawasan wisata ini adalah biayanya yang murah. Mungkin itu yang menyebabkan lokasi ini kini mampu bersaing ketat dengan banyak lokasi wisata peristirahatan lain seperti Puncak Bogor, Lembang bandung dan Dago.

Untuk masuk kawasan Kawah Darajat Garut Anda hanya perlu menyediakan uang Rp 15 ribu perkepala. Harga ini sudah termasuk beragam wahana dalam kawasan Kawah Darajat Garut seperti pemandian umum dan area bermain.

Biaya penginapan juga masih lebih murah, untuk standar Cottage VIP lengkap dengan kolam hangat pribadi Anda dan dua kamar hanya perlu membayar Rp 1 juta saja. Sementara Anda para backpacker tetap bisa menginap pada losmen-losmen dengan tarif sekitar Rp 70 ribu saja.

Belum lagi biaya transportasinya yang juga lagi-lagi tidak perlu membuat Anda merogoh kantong terlalu dalam. Perjalanan dari kota Garut ke lokasi wisata ini bisa Anda tempuh dengan angkutan umum dari terminal Guntur Garut ( angkutan hijau) menuju arah Cikajang, kemudian turun di pertigaan Bayongbong dan naik lagi jurusan Pasir wangi hingga lokasi Kawah Darajat Garut. Jara tempuh dari pertigaan ke lokasi wisata hanya sekitar 20 km saja. Total ongkos dari Garut hanya sekitar Rp 8 ribu saja.

Tapi bila Anda berminat menggunakan kendaraan sendiri, terdapat beberapa jalur, dari Jakarta bisa melalui tol Cileunyi, kemudian masuk daerah Ranca Ekek dan lurus terus menuju Kawah Darajat Garut, sekitar 1,5 jam perjalanan. Bisa pula melalui kota Bandung, kemudian memasuki kawasan Garut melalui Tarogong. Sebelum kota Garut Anda belok kanan di Samarang, pertigaan Bayongbong dan memasuki jalur menuju lokasi Kawah Darajat Garut ini. Total sekitar 6 jam dari Jakarta dan 4,5 jam dari Bandung.

Tidak hanya soal akomodasi dan transportasi yang sangat kondusif dan murah, tapi juga segala fasilitas wisata seperti berkuda keliling perkebunan, ATV, outbond dan wisata kuliner setempat semuanya cukup miring dan tidak memberarkan kantung Anda.

Jadi tidak ada salahnya bila saya menyarankan berwisata peristirahatan di Kawah Darajat Garut? Di sini Anda bisa merecharge semangat dan tenaga Anda untuk kembali bekerja tanpa perlu menguras kantong Anda hingga habis.

(sumber gambar : jabarprov.go.id)

Leave a Comment

Pesona Wisata di Negeri Priyangan, Kawah Darajat Garut

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close