Petualangan Religi ke Masjid Tiban Turen Malang

petualangan religi ke masjid tiban turen malang

Petualangan Religi ke Masjid Tiban Turen Malang

Bila Anda mendapat kesempatan bertandang ke kota Malang, cobalah meluangkan waktu untuk berwisata ke salah satu masjid legendaris di Indonesia, Masjid Tiban Turen.

Masjid yang berada di dalam kompleks pondok pesantren Biharu Bahri’asali Fadlaailir Rahmah di kawasan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini memiliki banyak keunikan yang sangat akan memberi Anda petualangan religi yang berbeda.

Masjid ini sempat menjadi legenda karena dongeng setempat yang mengatakan kalau masjid ini datang secara tiban, atau tiba-tiba ada sebagai pekerjaan para jin dalam satu malam. Pemberitaan ini menggegerkan sehingga banyak orang penasaran dengan masjid Tiban Turen ini.

Padahal menurut pemiliknya Gus Kyai Ahmad, Masjid ini dibangun secara perlahan oleh santri dari pondok pesantren sejak tahun 1978. Hingga kini masjid ini belum bisa dikatakan rampung karena belum sepenuhnya bangunan jadi.

Lamanya proses pengerjaan dikarenakan pembangunannya yang dikerjakan sepenuhnya oleh para santri di sela-sela masa belajar mereka. Juga karena keseluruhan bangunan merupakan rancangan Kyai Ahmad melalui sholat istikharoh dengan detail unik. Bukan hanya itu, bangunan ini dibuat dengan beberapa adaptasi lingkungan. Bahkan hampir tidak ada pohon yang ditumbangkan demi di lahan bangunan.

Masjid ini memiliki ketinggian sekitar 10 lantai dengan arsitektur akulturasi antara budaya Jawa dengan bentukan candi yang muncul, konsep desain Cina dan India dalam keseluruhan desain dan beberapa sentuhan Mediterania modern. Saat ini masjid ini berfungsi sebagai rumah ibadah, ruang tamu dan toko-toko di bagian bawah, dan ruang aktivitas belajar dan menginap santri di lantai atas.

Kini untuk melengkapi aktivitas wisata religi di pesantren unik ini, pekarangan luas pesantren sudah berubah menjadi beragam wahana mulai dari kolam renang, tempat bermain anak dan beberapa kadang satwa yang sengaja pesantren adopsi untuk pariwisata.

Pesantren ini tidak memungut biaya untuk Anda yang datang berkunjung. Jadi bila Anda berminat melihat pesona bangunan megah hasil tangan-tangan para santri, Anda bisa menempuh perjalanan sekitar ½ jam dari kota Malang. Tepatnya di jalan KH Wachid HAsyim Gg Anggur no 10 Desa Sananrejo Turen, Malang. Dan temukan petualangan religi yang berbeda di masjid Tiban Turen.

(sumber gambar : bumi-nusantara.blogspot.com)

 

Leave a Comment

Petualangan Religi ke Masjid Tiban Turen Malang

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close