Sejuknya Pondok Halimun di Kaki Gunung Gede Pangrango

sejuknya pondok halimun di kaki gunung gede pangrango

Sejuknya Pondok Halimun di Kaki Gunung Gede Pangrango

Bagi Anda warga Jakarta yang penuh kepenatan, menghabiskan waktu akhir pekan di sebuah kawasan wisata yang sejuk, segar dan alami bisa menjadi salah satu obat jitu pengusir penat.

Salah satu destinasi wisata yang layak Anda jadikan obat lelah Anda adalah Pondok Halimun. Pesona perbukitan dengan hawa dingin di kaki gunung Gede Pangrango.

Pondok Halimun berlokasi di kabupaten Sukabumi, tepatnya 12 km dari kota Sukabumi. Anda tinggal kearah atas ( bahasa orang Sukabumi untuk kawasan dataran tinggi) menuju daerah Selabintana.

Pada pertigaan sebelum Selabintana Anda belok kiri menuju Pondok Halimun. Kota Sukabumi sendiri berjarak 120 km dari kota Jakarta atau sekitar 4 jam perjalanan. Sedang dari kota Bandung Anda harus menempuh perjalanan sekitar 95 km sekitar 3 jam waktu perjalanan.

Menuju Pondok Halimun

Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk menuju Pondok Halimun dari kota Sukabumi. Dengan kendaraan pribadi dan menggunakan angkutan desa yang tersedia. Pada dasarnya perjalanan menuju Pondok Halimun sama sekali tidak sulit. Jadi apapun pilihan Anda, Anda tetap bisa menikmati perjalanan dengan asyik.

Bila Anda menggunakan angkutan umum, Anda bisa menggunakan angkutan desa yang menuju Selabintana. Anda perlu naik dulu angkutan dalam kota Sukabumi warna putih no 14 dari terminal menuju jalan Siliwangi. Kemudian naik angkutan desa menuju Selabintana, tapi pastikan dulu angkutan ini masuk kawasan Pondok Halimun. Tentu Anda tidak ingin mereka menurunkan Anda di pertigaan jalan Halimun dan membiarkan Anda berjalan kaki dari pertigaan menuju lokasi Pondok halimun.

Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya Anda gunakan kendaraan jenis SUV yang lebih tinggi, karena jalur yang cukup sulit dan tidak rata. Ingat ketika memasuki kawasan ini Anda akan dikenakan tiket seharga Rp 3000 per kepala dan juga biaya parkir.

Menikmati Pesona Pondok Halimun

Setiba Anda di lokasi wisata ini, Anda bisa memilih beberapa villa di kawasan Pondok Halimun. Di kawasan ini terdapat beberapa villa dalam beragam kelas. Dari kelas mewah seperti villa lembah Halimun hingga beragam losmen lokal yang cukup murah meriah, mulai dari Rp 80 ribu saja. Sesuaikan saja dengan kemampuan dompet Anda.

Jangan berlama-lama mendekam dalam kamar penginapan, karena pesona Pondok Halimun menanti Anda. Anda bisa memulainya dengan menyewa sepeda yang banyak tersedia di sepanjang kawasan penginapan penduduk dengan tariff Rp 50 ribu.

Sepeda ini akan menjadi kendaraan Anda mengelilingi kawasan Pondok Halimun yang cukup luas. Mustahil melakukan perjalanan ini hanya dengan berjalan kaki. Bila Anda mulai lelah, Anda bisa berhenti sejenak di banyak warung kopi yang bertebaran di kawasan ini. Tersedia kopi panas, teh panas, susu hangat, gorengan dan jagung bakar yang bisa menjadi pelepas dahaga dan mengisi perut lapar Anda.

Awali perjalanan Anda dengan mengarungi lautan kebun teh, terdapat perkebunan teh Goalpara dan Situgunung yang luar biasa luas. Seperti hamparan permadani dengan para wanita pemetik teh yang seolah menyembul dari balik karpet. Sangat mempesona. Meski sedang tengah hari, Anda tidak akan merasa panas karena udara di kawasan dengan ketinggian 1000 meter ini cukup sejuk dan dingin.

Lanjutkan perjalanan Anda menuju kawasan perkemahan Pondok Halimun. Anda bisa menikmati dinginnya air sungai Cipelang yang membelah kawasan perkemahan. Ada yang khas dari kawasan perkemahan ini, yakni batu-batuan besar yang tersebar di seluruh hamparan perkemahan. Sebuah pemandangan yang unik dan sangat mengagumkan.

Setelah lelah bersepeda, Anda bisa melakukan perjalanan menuju Curug Cibeureum, sekitar 2,5 km dari Pondok Halimun. Tepat di lereng gunung Gede Pangrango. Untuk menuju curug ini Anda bisa menyewa ojek trek seharga Rp 85 ribu PP yang banyak juga tersedia di kawasan penginapan.

Perjalanan akan sedikit sulit karena melewati kawasan hutan lindung. Tapi perjalanan ini setimpal ketika Anda terpana memandang pesona curug yang sangat cantik di balik tebing. Airnya sangat dingin dan sejuk memberi Anda kesegaran tersendiri, apalagi bila Anda berminat menceburkan diri ke tengah kolam curug. Tapi curug ini memiliki banyak lintah kemerahan yang cukup mengganggu. Itu pula sebabnya curug ini bernama cibeureun artinya air merah.

Perjalanan wisata yang sangat luar biasa di tengah pesona perbukitan kawasan lereng gunung Gede Pangrango. Keindahannya menjadikannya kerap sebagai lokasi syuting beberapa film tanah air. Bagi Anda Pondok Halimun benar-benar layak menjadi destinasi wisata Anda ditengah penatnya aktivitas harian Anda. Selamat berwisata.

(sumber gambar : princessay.wordpress.com)

Leave a Comment

Sejuknya Pondok Halimun di Kaki Gunung Gede Pangrango

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close