Singgah Sejenak Untuk Berwisata Kuliner Magelang

singgah sejenak untuk berwisata kuliner magelang

Singgah Sejenak Untuk Berwisata Kuliner Magelang

Kota Magelang memang bukan kota tujuan wisata macam kota Yogya atau Solo. Juga bukan pusat ekonomi macam Purwokerto atau Semarang. Tetapi ada banyak pilihan kuliner magelang yang memikat layaknya kota wisata.

Bagi mereka yang tinggal di kawasan Jawa Tengah pasti tidak asing dengan kota yang kini semakin tumbuh ini. Karena kota Magelang adalah jalur utama antar kota di Jawa Tengah.

Anda harus melalui kota ini kala menempuh perjalanan antara Yogya – Semarang bahkan menjadi jalur alternatif menuju Boyolali dan Solo.

Itu sebabnya kota ini juga akrab dengan istilah kota singgah, sekedar singgah sejenak untuk beristirahat. Nah…apa yang Anda cari di kala singgah? Pastinya makan bukan? Untuk urusan perut, ternyata justru ada banyak kekayaan kuliner Magelang yang layak Anda cari di kota ini. Bahkan beberapa sangat khas hingga tak mudah menemukannya di luar Magelang.

Apa saja sajian khas dari kuliner Magelang?

  1. Tahu Kupat
    Ini dia salah satu jajanan paling populer dari kota Magelang. Tidak afdol rasanya singgah di kota ini tanpa menikmati sepiring tahu kupat. Sajian ini sederhana tetapi “ngangeni” (membuat rindu, red). Sajian ini berupa potongan tahu putih, ketupat, taoge, kubis dan siraman sambal kacang dan kuah kecap. Rasanya segar dan nikmat. Salah satu penjaja tahu kupat paling terkenal berada di kawasan Blabak.
  2. Sego Godog dan Magelangan
    Nampaknya orang Magelang memang suka mencampur nasi dengan mie. Kalau sego godog adalah sajian berupa mie dan nasi rebus sedang magelangan adalah nasi dan mie goreng. Yang memikat biasanya rasa sego godog dan magelangan asli sangat legit gurih dengan aroma rempah yang menghangatkan. Mungkin karena udara Magelang yang dingin, jadi mereka suka menambahkan rempah-rempah dalam masakan mereka.
  3. Buntil
    Sajian khas Jawa ini paling mudah Anda temukan di kota Magelang ini (Anda juga bisa menemukannya lagi di kota Banyumas dengan rasa yang lebih asin). Sajian dalam bungkusan daun pisang ini berupa daun lumbu (talas) dengan kuah areh kental dan cabe, kemudian dikukus sekitar ½ jam. Dijamin maknyuss dan nagih sama masakan satu ini.
  4. Nasi Lesah
    Sajian nasi khas kawasan Borobudur ini sekilas mirip soto dengan kuah keruh berkat tambahan santan dan bumbu-bumbu. Biasanya disajikan dalam piring cekung, bukan mangkok tetapi dengan kuah yang berlimpah. Sajian ini berisi nasi putih dengan tambahan tahu bacem goreng dipotong-potong, wortel rebus, taoge dan kol.

Nah dengan 4 sajian khas dari kuliner Magelang ini, semakin tidak ragu kan singgah sejenak di kota ini sembari mengisi perut yang keroncongan?

(sumber gambar : rasamasa.com)

Leave a Comment

Singgah Sejenak Untuk Berwisata Kuliner Magelang

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close