Soto Sokaraja, Kuliner Purwokerto yang Kental Kaya Aroma

soto sokaraja kuliner purwokerto yang kental kaya aroma

Soto Sokaraja, Kuliner Purwokerto yang Kental Kaya Aroma

Sokaraja adalah salah satu kawasan di timur dari pusat kota Purwokerto. Berada di antara kabupaten Banyumas dan Purwokerto, sekitar 8 km dari pusat kota Purwokerto.

Di sini terdapat salah satu hidangan khas yang kemudian juga lebih dikenal sebagai salah satu hidangan kuliner Purwokerto, yakni soto Sokaraja.

Soto Sokaraja ini menggunakan dua bahan utama, yakni daging sapi atau daging ayam kampung. Yang khas dari soto Sokaraja adalah kuahnya yang ditambahkan sambal kacang halus.

Dan membuat kuah soto kuliner khas Purwokerto ini tampak lebih kental dan terasa lebih gurih. Rasa kacang dalam kuah membuat keseluruhan soto menjadi berbeda dari kebanyakan soto yang biasa Anda kenal.

Soto ini juga memiliki rasa lebih manis dari kebanyakan soto dengan aroma yang harum berkat bumbunya yang kuat. Soto yang juga ditambahkan dengan taoge, soun, tomat dan kerupuk singkong ini biasa disajikan dengan ketupat. Bisa Anda bayangkan betapa nikmatnya hidangan ini bila Anda seruput di siang hari yang panas atau di malam hari yang dingin. Rasanya pasti sangat segar sekaligus menghangatkan.

Kalau Anda penasaran dengan rasa soto Sokaraja ini, Anda bisa mencoba di 3 kedai soto yang paling terkenal di kota ini. Pertama di Soto Kecik Sokaraja kemudian Soto Lama Sokaraja di kawasan Sokaraja. Namun salah satu yang paling terkenal adalah Soto Sokaraja Pak Suradi di jalan Sudirman Purwokerto. Di sini kedai sudah berubah menjadi sebuah rumah makan berukuran besar lengkap dengan mushola dan toilet yang nyaman.

Di sini Anda bisa menikmati soto Sokaraja dengan gabungan daging ayam dan sapi, atau hanya salah satunya saja. Kuahnya yang kental berkat proses perebusan daging yang sangat lama hingga membuat rasa daging terasa sangat kuat dan memenuhi aroma soto dengan sempurna.

Siapkan dana sekitar 15 ribuan dan Anda akan menambah pengalaman rasa Anda dengan kuliner Purwokerto yang mempesona ini. Tanpa Anda sadari, ternyata soto Sokaraja khas Purworkerto ini akan membuat Anda ketagihan pastinya.

(sumber gambar : purwokertobackpacker.blog.unsoed.ac.id)

Leave a Comment

Soto Sokaraja, Kuliner Purwokerto yang Kental Kaya Aroma

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close