Temukan Kemolekan Bawah Laut di Pulau Wakatobi

temukan kemolekan bawah laut di pulau wakatobi

Temukan Kemolekan Bawah Laut di Pulau Wakatobi

Pulau Wakatobi sebenarnya adalah sebuah kabupaten dengan 4 buah pulau kecil dengan nama Pulau Wangi Wangi, Pulau Kalidupa, Pulau Tomia dan Pulau Binongko. Keempat pulau tadi membentuk nama Wakatobi.

Kawasan pulau pulau Wakatobi ini naik daun sejak ekspedisi Wallace dari Inggris pada tahun 1995. Dari ekspedisi ini ditemukan 750  spesies karang dari 850 spesies karang yang ada dunia dalam perairan Pulau Wakatobi.

Ekspedisi ini menobatkan kawasan perairan yang terletak di sisi selatan Sulawesi Tenggara ini sebagai salah satu taman laut terbaik di dunia.

Tidak hanya kaya akan spesies karang, kawasan ini juga memiliki jenis ikan yang berlimpah, mulai dari ikan lokal macam ikan napoleon hingga ikan migrasi macam pari sperma dan pari manta yang berukuran raksasa yang memang bisa singgah ke kawasan hangat ketika bumi utara sedang bersalju.Tercatat ada 93 spesies yang ditemukan di kawasan pulau Wakatobi dengan lebih dari 30 jenis hewan lain yang hidup di atas perairan.

Tidak hanya karena kelengkapan biota di dalamnya, tetapi karena kontur permukaan dasar laut di perairan  sekitar ini juga sangat beragam. Mulai dari landai, bertebing curam hingga gua bawah laut. Dari permukaan dengan kedalaman hanya 100 m hingga kedalaman lebih dari 1000 m. Semua perbedaan kontur ini bisa Anda jumpai dalam kawasan perairan yang hanya seluas 2 ha.

Tidak hanya kekayaan kawasan dalam lautnya saja yang bisa membius Anda, kemolekan garis pantainya dengan pasir putih dan ombaknya yang pada beberapa sisi tampak liar namun di beberapa lokasi yang tidak menghadap selatan lebih tenang. Tetapi tetap saja berwisata ke Pulau Wakatobi tidak sempurna tanpa menjajal snorkeling atau diving.

Untuk bisa mencapai lokasi ini, Anda bisa menempuh jalur udara menuju kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Dari Kendari, Anda lanjutkan perjalanan dengan kapal cepat menuju Pulau Wangi Wangi yang akan memakan waktu sekitar 10 jam perjalanan. Pulau Wangi Wangi ini adalah pintu gerbang dari keseluruhan Taman Nasional Pulau Wakatobi dan Anda sudah bisa merguk seluruh kemolekan permukaan dan bawah air kawasan wisata bahari ini.

(sumber gambar : megaihyamuis.wordpress.com)

Leave a Comment

Temukan Kemolekan Bawah Laut di Pulau Wakatobi

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close