Wisata Kuliner Jakarta, Nasi Uduk Betawi Kebon Kacang

wisata kuliner jakarta nasi uduk betawi kebon kacang

Wisata Kuliner Jakarta, Nasi Uduk Betawi Kebon Kacang

Sudah jauh-jauh datang ke Jakarta rasanya saying kalau tidak disempatkan mencicipi hidangan khas dari kota ini. Karenanya kali ini kami akan membahas wisata kuliner Jakarta, menemukan yang khas dan unik dari kota ini.

Salah satu hidangan khas dari kota Jakarta yang wajib Anda cicipi ketika Anda berkunjung di kota ini adalah nasi uduk betawi.

Nasi uduk sebenarnya tak ubahnya dengan nasi gurih ala Jogja atau nasi liwet ala Solo. Nasi yang dimasak dengan santan dan rempah kemudian dihidangkan bersama aneka lauk dan sambal kering .

Biasanya letak perbedaannya terletak pada pilihan hidangan pendamping. Seperti di kawasan Jawa Tengah yang kerap menambahkan sejenis opor ayam sebagai lauk dengan sambal goreng dan taburan kacang dele hitam atau kacang tolo.

Maka di nasi uduk khas Betawi ini Anda akan menjumpai menu pilihan yang berbeda. Disini ayam, tahu, telur dimasak dengan bumbu semur kental ala Betawi dengan sambal udang atau sambal kering tempe, telur dadar iris tipis dan lalap. Rasa manis berpadu dengan pedas dan gurih ala nasi uduk Betawi menjadi cita rasa yang tak akan terlupakan.

Untuk mencicipinya, Anda bisa menjajal salah satu pusat legenda dari hidangan nasi uduk khas Betawi ini, tepatnya di kawasan Kebon Kacang. Kawasan ini memang menjadi salah satu kampung Betawi asli yang masih bertahan hingga kini.  Di sini ragam pilihan menu juga lebih banyak, mulai dari sate usus, sate paru, udang pedas, lele goreng, ayam goreng dan sebagainya. Di luar menu utama semur ayam, semur tahu dan telur juga semur jengkol.

Soal rasa, dijamin mantap, bahkan Anda sudah bisa mencium aroma segar dan harum dari nasi uduk ketika Anda memasuki salah satu warung yang berderet di kawasan ini. Aroma harumnya seakan membius Anda untuk langsung berselera saat itu juga.

Yang membuatnya semakin menggoda karena nasi uduk akan disajikan dalam bungkusan daun pisang. Aroma daun pisang yang melekat pada nasi memperkaya aroma dan membuat nasi uduk ini semakin menggoda selera Anda. Apalagi di sini disediakan ragam sambal, dari sambal rebon, sambal petai, sambal bawang, sambal terasi dan sambal kecap. Sesuaikan saja dengan selera Anda.

Cukup dengan uang 12 ribu saja, Anda sudah bisa menikmati 1 bungkus nasi uduk dengan lauk ayam goreng dan udang pedas dan sambal terasi. Ditemani segelas teh hangat, Anda tidak akan merasa sia-sia jauh-jauh wisata kuliner Jakarta hingga ke kawasan kebon kacang.

(sumber gambar : masakanoye.com)

Leave a Comment

Wisata Kuliner Jakarta, Nasi Uduk Betawi Kebon Kacang

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close