Wisata Kuliner Jogja, Sajian Unik Gudeg Manggar

wisata kuliner jogja sajian unik gudeg manggar

Wisata Kuliner Jogja, Sajian Unik Gudeg Manggar

Kalau bicara soal wisata kuliner Jogja, rasanya memang tidak bisa lepas dari sajian gudeg. Siapa tidak kenal gudeg, masakan berbahan nangka muda yang dimasak perlahan dengan kuali tanah liat dan tempurung kelapa ini memiliki rasa manis gurih yang sangat khas.

Tetapi ternyata tidak hanya gudeg nangka muda saja yang menjadi sajian khas dari kota pelajar ini, ada gudeg khas lain yang justru sangat unik dan berbeda. Layaknya menjadi salah satu tujuan wisata kuliner Jogja yang Anda rencanakan.

Gudeg Manggar adalah hidangan khas dari daerah Mangiran, kabupaten Bantul Jogja. Istimewanya, gudeg manggar menggunakan bahan baku manggar, bahasa jawa dari bunga kelapa atau mayang. Bahkan beberapa dari Anda mungkin tidak terbayang bagaimana bentuk hidangan dengan bahan bunga kelapa ini jadinya.

Makanan langkanya sekilas akan mirip degan hidangan gudeg nangka yang biasa Anda jumpai di Jogja kota. Berwarna kecoklatan, hanya saja manggar akan memberikan rasa renyah yang jelas saja berbeda dengan gudeg nangka yang lebih lembut.

Tidak mudah mendapatkan hidangan ini meski di kota asalnya. Pasalnya bahan bunga kelapa terbilang langka dan perlu memasok dari para penebang kayu di seluruh jawa. Sulitnya lagi bila Anda memanen bunga kelapa sama saja dengan mematikan kesuburan pohon, itu sebabnya hanya bisa diambil dari pohon kelapa non produktif atau yang sudah ditebang.

Selain itu proses masaknya juga cukup rumit. Karena rasa asli dari bunga kelapa ini sedikit sepet dan getir. Untuk menghilangkannya bunga kelapa harus melalui proses pembakaran dengan arang hingga 4 jam. Kemudian baru Anda olah dengan teknik masak gudeg biasa. Total bisa memerlukan waktu masak hinga 6 – 7 jam.

Proses pembakaran yang lama ini juga mempengaruhi rasa dari gudeg manggar yang tidak sekedar manis dan gurih. Ada rasa sepet dan sangit (aroma bakar) yang samar saat Anda mencicipinya. Tetapi jangan salah, ternyata rasa unik macam inilah yang justru membiuas penggemarnya.

Anda jadi penasaran kan? Makanya jangan ragu lengkapi pengalaman rasa Anda dengan masukan kawasan Mangiran dan Karang Semut Bantul sebagai salah satu destinasi wisata kuliner Jogja Anda. Kedua kawasan ini terkenal sebagai pusat penjaj gudeg manggar. Selamat berwisata kuliner Jogja.

(sumber gambar : gudegmanggarbutinur.com)

Leave a Comment

Wisata Kuliner Jogja, Sajian Unik Gudeg Manggar

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close