Wisata Kuliner Medan, Jajanan Khas Kota Medan

wisata kuliner medan jajanan khas kota medan

Wisata Kuliner Medan, Jajanan Khas Kota Medan

Bertandang ke kota Medan dan tidak mencicipi jajanan khas dari kota ini? Sayang sekali, padahal kota ini menjadi salah satu pusat kuliner yang cukup jagoan menggoda dan menggoyang lidah. Sebagai bukti, berikut ini adalah beberapa jajanan khas kota Medan yang wajib Anda cicipi.

  1. Soto Medan
    Soto memang bukan makanan asing di seluruh Nusantara. Dari timur hingga barat memiliki ragam hidangan soto masing-masing, tentu saja termasuk Medan. Yang khas dari hidangan Soto Medan adalah kuah santan yang sedikit kental dengan rasa yang mendekati kari atau gulai dengan sayuran. Meski demikian rasa Soto Medan tetap segar dan nikmat dihidangkan di siang dan malam hari.
  2. Mie Kocok Medan
    Mie khas Medan satu ini tidak sama dengan mie kocok khas Bandung.  Mie satu ini justru selintas lebih mirip dengan laksa dengan kuah yang lebih encer, keruh kekuningan dan kaya akan beragam seafood dan potongan ayam. Soal rasa jelas sangat kaya dan sangat gurih dengan perpaduan aroma ayam dan seafood yang harum.
  3. Pancake Durian
    Medan memang terkenal dengan duriannya yang nikmat dan legit. Namun yang menarik, masyarakat Medan menciptakan hidangan pancake dengan isian durian. Menggunakan kulit dari sejenis dadar lembut yang dilipat menyerupai kantung dan di isi adonan durian yang menyerupai sarikaya. Soal rasa jelas sangat kuat dan memikat untuk Anda penggemar durian.
  4. Es Campur Medan
    Hidangan satu ini lagi-lagi juga dengan mudah Anda temukan di seantero Indonesia. Hanya saja es campur Medan memiliki kekhasan, karena cenderung lebih mengenyangkan dengan beberapa bahan unik yang ditambahkan seperti jagung manis, dan sagu.
  5. Teh dan Kopi Talua
    Rakyat Tapanuli sangat menggemari kopi dan teh. Hanya saja untuk meningkatkan vitalitas, mereka kerap mencampur teh dan kopi tadi dengan susu dan telur ayam kampung mentah. Diaduk dengan cepat sehingga tercampur baik pada air mendidih. Rasanya sangat unik dengan rasa telur yang gurih dan susu yang legit.
  6. Roti Isi Sarikaya
    Salah satu hidangan khas yang juga perlu Anda cicipi di kota ini adalah Roti Isi Sarikaya. Konon Sarikaya khas Medan memiliki rasa yang kuat dan khas. Dipadukan dengan roti, memberikan Anda kesempatan nyemil yang seru dan mengenyangkan.
  7. Bikang Ambon
    Mengusung nama Ambon rupanya kue satu ini justru salah satu hidangan kebanggaan masyarakat Medan. Soal rasa, jelas sangat legit dengan aroma harum dan rasa manis yang menarik. Kue berwarna kuning dengan pori-pori besar ini sangat cocok menjadi hidangan sarapan atau camilan di sore hari.

Itu tadi 7 hidangan khas dari tanah Medan yang tak boleh luput Anda buru ketika menjalankan wisata kuliner Medan. Selamat mencicipi!!

(sumber gambar : ensiklopediaindonesia.com)

Leave a Comment

Wisata Kuliner Medan, Jajanan Khas Kota Medan

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close