Wisata Raja Ampat, Surga Bahari Panorama Bawah Laut

wisata raja ampat surga bahari panorama bawah laut

Wisata Raja Ampat, Surga Bahari Panorama Bawah Laut

Bila Anda adalah penggemar diving, belum afdol rasanya bila belum menyempatkan diri datang ke kawasan wisata Raja Ampat. Lokasinya yang cukup terpencil tidak menyurukan minat pengunjun untuk menikmati pesonanya.

Anda tidak mungkin akan menyesal karena lokasi wisata Raja Ampat ini sudah dinobatkan sebagai salah satu dari 10 spot diving atau menyelam bawah laut terbaik di dunia.

Tidak hanya itu, dunia juga sudah menetapkan kawasan wisata Raja Ampat sebagai lokasi selam dengan kekayaan flora dan fauna laut terbaik dan terlengkap di dunia.

Bicara mengenai kelengkapan hayati di kawasan wisata Raja Ampat ini, Penelitian sudah pernah berjalan di lokasi ini baik oleh lokal seperti LIPI dan lembaga dari Departemen Kelautan serta berbagai lembaga penelitian internasional baik resmi PBB, World Bank hingga beragam institusi pendidikan, konservasi dan swadaya lingkungan. Semua menyimpulkan lokasi ini adalah habitat dari 540 jenis karang, 1000 jenis ikan, 700 jenis molusca dengan perkiraan 75% biota laut hidup di lautan Raja Ampat.

Beberapa ikan khusus seperti Pari Manta dan ikan Dugong atau Duyung bisa saja muncul dan berenang disisi Anda tanpa terusik. Atau tiba-tiba Anda sudah berada di tengah kerumunan ikan Tuna, Snappers bahkan juga Barakuda. Untuk yang terakhir ini sebenarnya cukup berbahaya, karena ikan ini sedikit mudah menyerang.

Semua aneka ragam hayati ini hidup tersebar pada kawasan seluas 46 ribu km2 dengan daratan 6 ribu km2 dan lautan 40 ribu km2. Daratan ini tersebar dalam 1350 pulau kecil dan besar yang berada di 50 mil dari kota Sorong, Papua. Dari angka ini, hanya 35 pulau saja yang berpenghuni dengan 4 pulau terbesar dan terkelola baik, yakni pulau Waigeo, Misool, Salawati dan Bantata.

Sisa pulau-pulau lainnya ada yang berupa pulau dengan tebing tinggi memecah lautan dengan ukuran cukup kecil sekitar 200 m2. Disinilah pesona dari kawasan wisata Raja Ampat ini, Anda akan terpesona dengan gugusan pulau dari sisi atas air, dengan aneka bentuk dari yang landai hingga berbentuk tebing-tebing. Tapi dibalik pesona atas airnya terdapat tebing-tebing bawah air lengkap dengan gugusan karang yang sangat padat dan arus selat-selat kecil yang deras.

Beberapa titik dari selat-selat antar pulau kecil ini memiliki resiko selam yang tinggi karena berarus sangat deras, tapi ada pula titik selam yang cukup aman dengan arus kecil dan lokasi yang landai. Kawasan wisata Raja Ampat memang sebuah surga bahari terbaik di Indonesia.

Tapi bagi Anda yang tidak bisa menyelam, tidak perlu berkecil hati. Karena Anda tidak harus menyelam untuk melihat gugusan karang penuh pesonanya. Anda bisa snorkeling pada puluhan titik snorkeling yang tersebar di kawasan ini. Menakjubkan lagi bila Anda berkesempatan mampir di spot Saondaek, ketika air laut surut dan gugusan karang ini muncul ke permukaan laut terterpa sinar matahari langsung. Taman laut ini tiba-tiba bisa Anda lihat langsung tanpa perlu diving atau snorkeling.

Sebagaimana saya katakan sebelumnya, untuk bisa berada di kawasan wisata Raja Ampat ini memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Anda perlu mengudara menuju bandara Sorong seharga setidaknya 2 juta, kemudian meneruskan perjalanan air dengan speed boad berkapasitas 10 orang dengan harga 3 juta menuju kawasan ini selama 4 jam.

Tarif untuk memasuki kawasan wisata senilai Rp 250 ribu untuk wisatawan domestik dan Rp 500 ribu untuk turis internasional. Tarif ini berlaku 1 tahun jadi bila dalam satu tahun Anda kembali lagi Anda tidak lagi membayar. Cukup menunjukan pin pembayaran saja.

Belum lagi biaya akomodasi yang cukup tinggi, mulai dari harga Rp 600 ribu hingga jutaan permalam di cottage-cottage diving milik masyarakat lokal, pemerintah daerah dan juga swasta. Salah satu cottage terbesar adalah Papua Diving dan Ecco Diving yang sudah terkelola dengan profesional.

Meski cukup mahal, dengan pesona yang sangat luar biasa di kawasan wisata Raja Ampat ini Anda bahkan bersedia datang dan datang lagi untuk menikmati semua keindahan bahari di kawasan ini. Sungguh sebuah kekayaan alam yang patut menjadi kebanggaan Indonesia.

(sumber gambar : kotawisataindonesia.com)

Leave a Comment

Wisata Raja Ampat, Surga Bahari Panorama Bawah Laut

Artikel Populer yang Wajib Anda Baca !!close